Dok. Foto: RevZilla.com
0
247

Tips Memilih Ukuran Helm, Jangan Asal

Helm adalah salah satu alat pelindung penting untuk berkendara dengan sepeda motor. Mengenakan helm bagi pengguna sepeda motor adalah wajib karena diatur dalam Undang-Undang.

Fungsi helm secara umum adalah melindungi kepala dari guncangan dan meminimalkan risiko cedera apabila terjadi kecelakaan sekaligus menghalau polusi udara.

Karena fungsinya ini, helm juga digunakan untuk berbagai kepentingan lain selain berkendara. Beberapa profesi misalnya diwajibkan menggunakan helm agar aman.

Nah, ada beberapa tips memilih helm agar tak kekecilan atau terlalu besar. Pasalnya, helm yang kekecilan akan menyebabkan pusing. Sementara jika terlalu besar tak akan berfungsi optimal bahkan bisa tak nyaman digunakan.

Berikut beberapa cara memilih helm agar ukurannya tepat:

1. Ukur lingkar kepala dengan tali

Pastikan kita tahu lebih dulu berapa lingkar kepala kita sebelum membeli helm. Caranya cukup mudah gunakan tali ukur untuk mengeceknya.

Ukur lingkar kepala di bagian atas telinga. Kalau dirasa sulit, bisa meminta bantuan orang lain untuk melakukannya. Setelah itu, catat berapa lingkar kepala tersebut.

2. Cek ukuran helm

Jika ingin membeli helm secara online, pastikan ukuran lingkar kepala tepat dengan ukuran helm. Ukuran helm sendiri bermacam-macam sesuai dengan lingkar kepala pengendara motor.

Berikut daftar ukuran helm yang biasanya digunakan sebagai patokan:

– Xtra small (XS) : 53-54 cm
– Small (S) : 55-56 cm
– Medium (M) : 57-58 cm
– Large (L) : 59-60 cm
– Xtra large (XL) : 61-62 cm
– 2 Xtra large (2XL) : 63-64 cm
– 3 Xtra large (3XL) : 65-66 cm
– 4 Xtra large (4XL) : 67-68 cm
– 5 Xtra large (5XL) : 69-70 cm

3. Beli helm langsung di tokonya

Cara paling mudah adalah membeli helm langsung ke tokonya. Dengan demikian, kita bisa langsung mencoba helm apakah sesuai dengan ukuran kepala kita.

Meski demikian, harus benar-benar dipastikan bahwa helm yang dipilih sesuai dengan ukuran kepala tidak kekecilan atau kebesaran.

Untuk memastikannya, coba tengok kanan kiri atau atas bawah saat mencoba helm, jika helm ikut bergerak artinya masih kebesaran. Tetapi, jika terasa sesak atau merasa pusing saat mencobanya berarti helm kekecilan.

Helm dengan ukuran pas akan terasa nyaman digunakan. Helm juga tak akan mudah bergeser meski kita banyak bergerak karena tak kebesaran.

Itu dia beberapa tips memilih ukuran helm. Pastikan benar-benar nyaman dan melindungi ya.