Dok. Foto: Helmnhk.com
0
67

Deretan Helm Lokal Harga Terjangkau Kualitas Bersaing

Helm adalah perlengkapan pengaman penting yang harus digunakan oleh pengendara motor. Ada banyak merek helm yang terkenal di Indonesia.

Di antara banyaknya merek helm yang didominasi merek dari luar negeri ada juga helm-helm lokal yang tak kalah bagusnya.

Kewajiban menggunakan helm sendiri tertuang dalam Undang Undang Lalu Lintas Pasal 57 ayat 2 yang berbunyi, “Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi oleh perlengkapan helm dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).”

Berikut ini deretan helm lokal yang memiliki kualitas mumpuni:

1. KYT

Helm KYT sangat populer di Indonesia, hal ini karena KYT menjadi salah satu merek helm yang sudah mengantongi sertifikat SNI, juga internasional.

KYT dulunya merupakan perusahaan yang memproduksi spare part motor, tetapi lebih fokus memproduksi helm mulai akhir 1990-an.

Ada banyak produk helm yang sudah dikeluarkan KYT. Harganya pun bisa dibilang terjangkau dengan sistem keamanan yang sudah teruji.

Ada helm half face dan full face yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Helm KYT juga pernah dipakai oleh pembalap Andrea Iannone lho di MotoGP. Keren banget kan?

Harga KYT berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp4 juta.

2. NJS

NJS merupakan helm yang diproduksi oleh perusahaan lokal yakni PT Surya Motor Shelmindo. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 2006.

NJS aman digunakan karena sudah mengantongi sertifikat SNI. Selain aman, keunggulannya yakni pada desainnya yang fashionable.

Bagian interior helm ini dibuat lembut agar pengguna nyaman dan tak merasa sakit atau pusing.

Untuk kisarannya, NJS bisa didapat dengan harga antara Rp310 ribu hingga Rp957 ribu.

3. Cargloss

Satu lagi nih helm lokal yang memiliki kualitas baik yakni Cargloss. Helm Cargloss sudah diproduksi sejak tahun 1985.

Kebanyakan helmnya sendiri half face. Uniknya, bahan yang digunakan untuk helmnya yakni ABS Thermoplastic yang sangat kuat dan aman.

Yang membuat Cargloss cukup terkenal karena desainnya ikonik yakni retro PET sebagai pengganti visor yang dilengkapi dengan sistem pengait quick release buckle dan busa bantalan pipi.

Salah satu helm yang laris manis di pasaran adalah helm bogo. Anak muda banyak banget nih yang suka banget dengan helm ini.

Untuk harganya pun sangat terjangkau, bisa didapat dari harga Rp300 ribu hingga Rp400 ribu.

4. NHK

Helm yang kerap dikira impor ini juga diproduksi di Indonesia lho. NHK Indonesia, adalah perusahaan pemegang resmi merk helm NHK di Indonesia. PT. NHK Indonesia memberikan hak OEM (Original Equipment Manufacture) kepada PT. Danapersadaraya Motor Industry untuk memproduksi helm-helm merek NHK.

NHK ini lebih fokus ke helm-helm full face. Sejak 2018, NHK juga ikut mensuport pembalap-pembalap dunia di ajang MotoGP, Moto 2, dan Mto 3.

Untuk harganya, NHK memang cukup mahal karena helm full face. Tetapi, NHK baru saja meluncurkan helm baru NHK Mark-1 yang dibanderol harga Rp700 ribuan.