Dok. Foto: Harley Davidson
0
142

Hampir Rp1 Miliar, ini Spesifikasi Harley Davidson Pan America

PT JLM Auto Indonesia memajang beberapa model Harley-Davidson (HD) di GIIAS 2023 yang digelar di ICE BSD (10 sampai 20 Agustus 2023). PT JLM Auto Indonesia sendiri merupakan pemenang merek serta distributor HD di Indonesia.

Salah satu motor yang dipamerkan adalah H-D Pan America dari kategori Grand American Touring.

Irvino Edwardly, Sales & Marketing Director, JLM Auto Indonesia, menyebut Harley Davidson ingin memberikan pengalaman berkendara yang berbeda penuh inovasi bagi pecinta HD di seluruh Indonesia.

“Pada GIIAS tahun ini, merupakan momen yang sangat berharga bagi kami dengan hadirnya Kembali Harley-Davidson di GIIAS setelah 3 tahun absen dan juga tepat di tahun ini menandai perayaan 120 tahun anniversary Harley-Davidson,” jelas Irvino.

Motor ini siap bersaing dengan BMW GS dan Honda Africa Twin.

Dirancang untuk pengendara yang suka touring, motor ini didesain dengan fitur premium yang dipadukan dengan performa tinggi sekaligus teknologi yang inovatif.

Untuk spesifikasi di atas kertas H-D Pan America 1250 Special menggunakan mesin Revolution Max 1250 baru bertenaga 150 dk. Konfigurasi mesin V-Twin berkapasitas 1.250 cc dengan pendingin cairan. Motor ini menggunakan powerband lebar untuk menghasilkan tenaga di RPM tinggi.

H-D Pan America dilengkapi dengan beberapa mode berkendara yang sudah sangat maju karena dikontrol secara elektronik. Selain itu, motor ini juga sudah menerapkan fitur Cornering Rider Safety Enhancements.

Di mana, fitur ini berfungsi untuk menyesuaikan performa traksi yang tersedia selama akselerasi, deselerasi, dan pengereman.

Sementara untuk suspensinya bagian depan dan belakang semi-aktif yang dapat disetel secara elektronik. Untuk inovasi canggihnya, H-D Pan America sudah dilengkapi dengan Adaptive Ride Height (ARH).

Jadi, ARH merupakan sistem suspensi baru di mana motor secara otomatis akan bertransisi antara posisi berhenti untuk dapat bisa lebih rendah dari ketinggian pengendaraan optimal saat sepeda motor sedang bergerak.

H-D Pan America 1250 ini juga dilengkapi dengan beragam fitur canggih lainnya. Seperti ruise control serta 5 riding mode yaitu Rain, Road, Sport, Off-Road dan Off-Road Plus.

Secara tampilan, motor ini seperti motor H-D lainnya yang tampil gagah dan berotot. Hanya saja, bagian fasia depannya nampak gemuk yang cukup berbeda dengan motor petualang di kelasnya.

Untuk desain lampu H-D Pan America 1250 yakni horizontal memanjang ke samping menyambung dengan fairing. Di atas lampu terdapat windshield besar yang bisa disesuaikan.

Setang motornya sendiri dapat diatur ketinggiannya. Joknya nampak tebal dan empuk. Untuk tangki bahan bakar mampu menampung hingga 21,2 liter bensin.

Dok. Foto: Harley Davidson

Yang membuat makin tangguh adalah sasis belakang yang dibiarkan terekspos. Lampu belakangnya juga agak kecil untuk melengkapi buritan. Sementara bagian muffler knalpotnya besar dengan konfigurasi 2-1.

Bagian yang canggih lainnya adalah semua informasi yang diperlukan bisa dilihat di layar sentuh TFT 6,8 inchi sebagai klaster instrumen. Layar ini terkoneksi melalui Apple CarPlay atau Android Auto.

Soal sistem pengeremannya, H-D Pan America dilengkapi dengan cornering ABS dan cornering traction control ABS yang akan membantu pengendara saat menikung.

HD Pan America menggunakan suspensi upside down 47mm dari Showa. Sementara untuk pelek depannya 19 inci dan pelek belakangnya 17 inci.

HD Pan America 1250 ini memiliki bobot 253,5 kg. Untuk pengeremannya digunakan cakram kembar 320mm di depan sedangkan bagian belakang menggunakan cakram tunggal 280 mm.

Soal warnanya, ada tiga warna dengan perbedaan harga untuk tiap warna. Untuk warna Vivid Black dijual Rp811.965.000.

Untuk versi Color dijual dengan harga Rp816.405.000. Sementara untuk versi Two Tone dijual seharga Rp818.403.000. Itu merupakan harga on the road jadi belum termasuk BBN dan PPh22.