Dok. Foto: Motorcycle.com
0
230

Jangan Disepelekan, ini Akibat Lupa Ganti Coolant Sepeda Motor

Motor-motor keluaran terbaru kini sudah banyak yang dilengkapi dengan radiator untuk sistem pendinginnya. Seperti juga komponen lainnya pada sepeda motor, air radiator ini juga membutuhkan perawatan.

Salah satunya adalah mengganti coolant atau air radiator secara berkala. Pasalnya, banyak orang membiarkan air radiatornya tak diganti dalam waktu jangka panjang dan ini ternyata bisa memberikan efek yang tak bisa disepelekan lho.

Seperti diketahui, coolant merupakan cairan pendingin yang berperan penting untuk proses pendinginan sepeda motor. Jika ada masalah pada cairannya karena lama tak diganti maka yang terjadi adalah mesin jadi cepat panas hingga overheat.

Seiring waktu pemakaian coolant, air radiator ini akan mengalami penurunan kualitas. Maka harus diganti secara berkala agar tetap bisa bekerja optimal.

Jika coolant tak diganti dan berakibat mesin jadi overheat bisa memberikan efek buruk lainnya. Mesin yang terlalu panas bisa merusak komponen mesin sehingga sepeda motor tak bekerja secara maksimal.

Rusaknya komponen mesin ini bisa membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk memperbaikinya. Untuk itu, sama seperti oli, baiknya coolant juga diganti secara berkala.

Efek lain yang bisa muncul jika tak mengganti air radiator adalah munculnya kotoran kotoran dan karat di saluran air radiator.

Kemunculan kotoran ini diakibatkan air radiator yang dibiarkan dan tak diganti sudah mencapai titik jenuh sehingga kandungannya jadi tak bagus. Akhirnya, kotoran pun akan menyumbat saluran yang digunakan untuk jalur air radiator.

Jika sudah demikian mesin akan overheat juga. Tentu saja ini bisa berakibat fatal jika berlangsung terus menerus.

Untuk itu, baiknya servis motor secara berkala. Ganti juga coolant atau air radiator secara berkala agar sepeda motor tetap optimal dan tidak overheat.