Dok. Foto: Sym-global.com
0
168

Spesifikasi Matic Gambot 125cc, Harga Rp73 Jutaan

Produsen motor asal Taiwan, Sanyang Motor (SYM), baru saja merilis motor matic berbodi gambot 125cc yang siap menggempur pasaran. Motor matic ala Honda Forza ini bernama SYM CRUiSYM α 125.

Meski bakal bersaing dengan Yamaha XMAX dan Honda Forza, tapi harga motor ini jauh di atasnya yakni sekitar Rp73 jutaan. Maka tak heran banyak orang penasaran dengan spesifikasinya sehingga memiliki harga selangit.

CRUiSYM α 125 rencananya bakal dipasarkan SYM di pasar Eropa. Inilah kenapa motor ini sangat unik karena bermesin 125 cc tapi memiliki bodi gambot.

Hal ini lantaran tujuan pemasaran CRUiSYM α 125 untuk para pemilik lisensi A2 di Eropa yang ingin memiliki skutik maxi tetapi bermesin kecil.

CRUiSYM α 125 seperti kebanyakan motor di kelasnya memiliki desain yang gagah dan elegan. Kesan gagah ini dapat dilihat dari bagian fascia depan yang memiliki headlamp dua buah LED projector besar, lalu kaca spion terpasang di atas headlamp mengapit windshield tinggi.

Untuk mesinnya, di atas kertas CRUiSYM α 125 memiliki mesin 125cc, 1 silinder, 4 tak, SOHC 4 katup, berpendingin cairan. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 14,3 Hp dan torsi maksimal 11,8 Nm. Tentu saja tenaga yang dihasilkan tak terlalu besar, hal ini karena mesinnya hanya 125cc.

Motor ini diklaim cukup irit, tangkinya mampu menampung 12 liter. SYM menyebut hanya dengan 2,9 liter saja, CRUiSYM α 125 mampu menempuh jarak hingga 100 km.

Fitur-fitunya pun dibuat untuk kenyamanan pengendara dengan kaki-kaki berukuran 13 ring di bagian depan dan belakang. Sementara ukuran bannya 120/70 13 dan 140/60-13.

Pengeremannya sudah cakram di kedua roda yang dilengkapi dengan fitur ABS atau Anti-Lock Braking System untuk kestabilan motor saat pengereman. Meningkatkan keamanan pengendara di jalanan Eropa yang mulus.

Sementara bagasinya cukup luas, muat untuk dua helm. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan instrumen LCD digital. Untuk lampunya juga sudah full LED.

Untuk harga CRUiSYM α 125 memang cukup mahal yakni 4.395 Euro atau sekitar Rp73 juta. Jauh lebih mahal dari saingannya yang berada di harga Rp66 jutaan.

Bagaimana menurutmu, apakah harga CRUiSYM α 125 sebanding dengan fitur yang ditawarkan?