Dok. Foto: AHM
0
136

Apa yang Harus Dilakukan Saat Motor Matic Alami Rem Blong?

Rem blong adalah momen yang tentu sangat ditakutkan oleh banyak pengendara motor. Pada sepeda motor, rem blong cenderung lebih sering dialami motor matic.

Motor matic akan berisiko mengalami rem blong setelah melewati jalan turunan panjang. Saat mengalami rem blong, pengendara harus memahami langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko.

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan saat motor matic alami rem blong:

1. Tetap Tenang, Jangan Panik

Dalam situasi apapun pengendara sepeda motor harus tetap tenang. Pasalnya, panik bisa membuat keadaan jadi semakin sulit. Pengendara yang panik saat rem blong bisa melakukan hal yang justru makin memperparah keadaan dengan terus menerus menarik gas.

Untuk itu, usahakan tetap tenang saat rem blong. Atur pernapasan untuk tetap tenang.

2. Kosongkan Gas dan Tekan Klakson

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan sesaat setelah menyadari motor mengalami rem blong adalah mengosongkan gas. Jangan tarik gas agar kecepatan berkurang secara berkala.

Selain itu, usahakan menekan klakson agar pengendara di depan mengetahui ada tanda bahaya. Terus tekan klakson sampai sepeda motor berhenti.

3. Hindari tempat ramai

Segera melihat sekeliling untuk menemukan tempat yang sebisa mungkin aman sebagai tempat pemberhentian saat motor mengalami rem blong. Sebisa mungkin hindari keramaian karena bisa menimbulkan kecelakaan beruntun. Baiknya hentikan motor di tepi jalan raya.

Itu dia beberapa langkah yang bisa dilakukan saat mengalami rem blong. Untuk menghindari rem blong pastikan rem dalam kondisi prima sebelum berkendara. Apabila berkendara di jalan turunan panjang, gunakan teknik mengerem yang benar agar rem tidak blong.