Dok. Foto: Hondamajalengka.id
0
213

Tips Beli Honda Win Bekas, ini Yang Harus Diperiksa

Honda Win 100 saat ini masih jadi salah satu motor jadul yang laris manis di pasaran. Gak heran kalau onderdil Honda Win terus berada di harga tinggi karena peminatnya memang banyak.

Sebelum membeli motor produksi Honda ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk itu, sebelum membeli motor baiknya tidak terburu-buru.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperiksa sebelum membeli motor Win bekas:

1. Periksa Surat dan Nomor Rangka dan Mesin

Pastikan surat-surat motor Win tersebut lengkap agar tak diamankan polisi karena motor bodong. Pastikan juga nomor rangka dan mesin motor tersebut sesuai dengan yang tertera di STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor).

2. Kondisi Mesin

Sebagai motor klasik, baiknya pastikan mesin motor Win bekas yang akan dibeli masih dalam kondisi layak guna. Caranya dengan mengetesnya untuk jalan. Apabila ada ketidaknyamanan yang terlalu menonjol baiknya tidak usah dibeli. Pasalnya, jika mesinnya sudah rewel maka ke depannya akan sangat merepotkan.

3. Cek Keaslian Motor

Sebagai motor jadul, tentunya sangat rawan komponen yang terpasang pada Honda Win bekas adalah sparepart palsu atau KW. Untuk itu diperlukan pemeriksaan yang detail pada setiap komponennya. Pastikan, Honda Win bekas yang akan dibeli komponennya dalam keadaan asli atau setidaknya tak banyak part yang KW ataupun rusak.

4. Periksa Bodi Motor

Apabila tidak dirawat, biasanya Honda Win 100 bekas akan banyak karatnya. Hindari membeli motor bekas dengan karat karena masalah ini akan menjalar. Pastikan bodi motornya mulus tanpa karat.

5. Karburator dan Kelistrikan

Pastikan juga karburator dan kelistrikan Honda Win yang akan dibeli masih dalam keadaan baik. Karburator juga penting untuk dipastikan bukan barang KW, pasalnya karburator palsu biasanya akan mengalami masalah soal performa.

Itu dia beberapa hal yang harus diperiksa sebelum memutuskan membeli Honda Win bekas. Semoga bermanfaat ya!