Dok. Foto: Lajumotor.com
0
114

Triumph TF 250-X, Motocross Modern Pertama Setelah Sekian Dekade

Triumph TF 250-X jadi motor motocross modern pertama yang diproduksi oleh Triumph. Motor ini digadang-gadang bakal tembus kejuaraan dunia motocross.

Triumph TF 250-X sudah jadi desas-desus lumayan lama, publik juga sudah mendapat bocoran informasi soal sasis dan mesin yang digunakan. Kini, setelah serangkaian uji coba guna memantapkan produk tersebut, Triumph dengan percaya diri merilis motocross mereka.

Motor ini merupakan hasil kolaborasi antara insinyur terbaik Triumph dan juara motocross/supercross. Triumph TF 250-X diklaim jadi motocross dengan spesifikasi terlengkap. Motor ini juga didukung dengan pasokan suku cadang dari jaringan dealer online 24/7.

Dua pembalap yang bekerja sama dalam menggarap produk ini adalah Ricky Carmichael dan Ivan Cervantes. Keduanya memberi sumbangsih pada penampilan Triumph TF 250-X yang diklaim sebagai motocross paling lengkap di kelasnya. Sasis motor ini dibuat dari aluminium yang ringan dan kuat, sementara powertrainnya dibuat dengan fokus kepada performa balap yang sesungguhnya.

“Peluncuran TF 250-X adalah puncak dari komitmen dan investasi yang signifikan dari Triumph, untuk tidak hanya membawa motor yang baru ke dunia motocross, tetapi juga untuk menunjukan kinerja yang unggul. Untuk mencapai ini, kami fokus untuk memberikan paket terlengkap untuk riding level apapun mulai dari juara hingga amatir,” kata Chief Product Manager Triumph Motorcycle, Steve Sargent.

Triumph TF 250-X menggunakan mesin dengan kapasitas 249,95 cc DOHC. Triumph TF 250-X bermesin satu silinder dan bobotnya hanya 104 kg. Keunggulan motor ini diklaim terletak pada performa racing powertrain, four-stroke single yang ultra compact dan ringan. Hal ini karena pistonnya terbuat dari aluminium tempa dan titanium.

Mesin motor ini dibuat dengan lapisan diamond-like carbon yang diklaim low friction, penutupnya pun terbuat dari magnesium yang ringan. Triumph TF 250-X menggunakan sistem injeksi buatan Dell’Orto untuk memasok bensin ke ruang bakar. Untuk tenaganya disalurkan melalui transmisi manual 5-speed.

Suspensi buritannya mengandalkan monoshock yang punya travel distance sekitar 305 mm. Untuk kaki depannya menggunakan shock breaker up side down diameter 48 mm, dengan travel 310 mm. Kedua suspensi tersebut merupakan produk buatan brand KYB.

Untuk pelek depannya memiliki ukuran 21 inci sementara pelek belakang berukuran 19 inci. Untuk pengeremannya dipasang sistem buatan Brembo dan Galfer.

Sementara untuk dimensinya, wheelbase Triumph TF 250-X ada di angka 1.492 mm. Lebar stangnya 836 mm dan tinggi motornya 1.270 mm. Dengan jarak jok ke tanah sekitar 860 mm dan rake 27,4 derajat untuk kelincahan motor.

Motor ini bakal dipasarkan di Eropa, Amerika Serikat, dan Australia pada 2024. Soal harganya di Inggris dijual GBP 0.795 atau setara Rp192 jutaan.