Dok. Foto: 44teeth.com
0
400

Kenali Jenis-Jenis Rangka Motor, Ternyata Ada Banyak

Rangka pada sepeda motor ibarat seperti pondasi pada sebuah bangunan. Pondasi inilah yang menentukan bangunan tersebut kokoh atau tidak.

Tugas dari rangka atau chassis sebagai penopang kendaraan. Itulah sebabnya, rangka harus benar-benar kokoh agar tidak patah.

Meskipun tugasnya berat, rangka ini idealnya berbobot ringan. Pada sepeda motor, ada beberapa jenis rangka yang mungkin belum kamu ketahui. Apa saja? Simak yuk di bawah ini.

1. Pressed Steel (Rangka Baja Tekan)

Umumnya rangka jenis ini membentuk pola tulang punggung. Pressed Steel terbuat dari pelat baja yang dipres (lempengan).

2. Cradle (Rangka Bak)

Disebut sebagai rangka bak karena pada rangka jenis ini terdapat ruang kosong yang menyerupai bak. Jenis rangka ini sendiri dibagi menjadi dua yakni rangka bak tunggal dan ganda.

Satu rangka biasanya di bagian atas dan satu di bagian bawah, dengan diameter bagian bawah lebih kecil. Motor yang menggunakan jenis rangka ini biasanya motor bebek atau off-road.

Untuk rangka ganda memiliki dua buah bak pang menopang di dua sisi. Rangka ini dipadukan dengan tulang belakang dan downtube tunggal. Rangka ganda lebih kaku dan solid, banyak digunakan untuk motor dengan mesin 150-250 cc.

3. Rangka Tulang Belakang

Rangka ini seperti tulang belakang, letaknya bersembunyi di balik bodi motor. Rangka ini merupakan pipa utama tunggal, tempat di mana mesin bergantung.

4. Rangka Perimeter

Rangka ini dikenal juga dengan sebutan Twin Spar Perimeter. Bentuknya kotak, desainnya mengelilingi bagian atas mesin. Rangka ini awalnya banyak digunakan motor-motor dengan performa tinggi seperti moge superbike atau sport fairing 2-Tak.

Tetapi dalam perkembangannya, rangka ini juga dipakai oleh motor 4 tak 150 cc seperti V-Ixion, MT-15, dan Honda CBR150R versi Thailand.

5. Rangka Trellis (Teralis)

Rangka ini sebenarnya mirip dengan rangka perimeter. Bedanya, rangka ini terbuat dari pipa-pipa tubular yang dirangkai dan dilas satu persatu. Apabila semakin banyak pipa menyilang, maka diyakini rangka semakin kokoh dan kaku.

6. Rangka Monokok

Jika ingin memahami rangka monokok maka sangat mudah, tingga melihat motor Vespa. Ciri khas Vespa adalah bodi semok yang sekaligus rangkanya, nah chassis atau sasis inilah yang disebut sebagai rangka monokok.

Pada rangka monokok, selain sebagai rangka, juga berfungsi sebagai tangki bahan bakar.

Itu dia beberapa jenis rangka motor yang baiknya dipahami pemilik sepeda motor. Kalau motormu pakai rangka yang mana nih?