Foto: Dok. MotoGP
0
689

Marquez Jadi Pembalap Paling Sering Jatuh Di Motogp 2022

Pada sebuah ajang balapan tentu tidak lepas dari sebuah insiden baik saling senggol, tabrakan bahkan hingga terjatuh pada sepeda motor. Terlebih pada balapan motor sebuah insiden sudah pasti terjadi hampir pada setiap momen menegangkan.

Termasuk juga pada gelaran MotoGP yang kerap kali terjadi insiden. Bahkan tidak sedikit pula yang berakhir pada kematian. Uniknya MotoGP merangkum insiden-insiden yang terjadi setiap musimnya.

Pada gelaran MotoGP 2022, pembalap dari tim Repsol Honda yaitu Marc Marquez, dinobatkan sebagai pembalap yang paling sering jatuh. Seperti yang ditulis oleh Motosan, Marquez memiliki rata-rata angka jatuh paling tinggi yaitu 1,5. Namun memang pada musim 2022 Marquez sendiri hanya mengikuti 12 seri MotoGP saja. Hal tersebut disebabkan oleh cedera yang ia derita.

Namun dari jumlah tersebut Marquez mengalami crash sebanyak 18 kali. Artinya, dari rasio jumlah seri yang diikuti dan jumlah crash, pembalap asal Spanyol itu menjadi pembalap yang paling sering jatuh di lintasan musim 2022

Sedangkan saudara kandung Marc Marquez, yaitu Alex Marquez, tercatat 21 kali jatuh dari 20 seri yang diikuti. Sementarw untuk Enea Bastianini dan Johann Zarco memiliki angka jatuh yang sama yaitu 18 kali.

Para pembalap pemula seperti Darryn Binder dan Marco Bezzecchi menjadi dua pembalap yang paling sering crash di lintasan. Dari 20 seri yang mereka ikuti, mereka mengalami kecelakaan sebanyak 27 kali untuk Binder. Sedangkan Marco 23 kali. Pol Espargaro juga cukup banyak terjatuh selama musim 2022 yaitu 21 kali dari 19 seri yang ia lakoni.

Kemudian Jorge Martin pun mengalami crash yang cukup banyak yaitu 15 kali selama musim 2022 termasuk di seri MotoGP Mandalika. Beberapa pembalap lain seperti juara dunia 2022 Pecco Bagnaia, Aleix Espargaro, Remy Gardner dan Jack Miller jatuh sebanyak 14 kali.

Fabio Di Giannantonio dan Takaaki Nakagami pun mengalami kecelakaan sebanyak 12 kali. Namun Nakagami hanya melakoni 17 seri MotoGP saja. Selanjutnya Joan Mir dari Spanyol telah mengalami 11 crash musim ini dari 16 seri yang dia ikuti.

Pembalap yang sangat jarang terjatuh di musim balap 2022 adalah pembalap dari Aprilia Racing yaitu Maverick Vinales. Vinales hanya terjatuh 2 kali saja selama musim 2022 dimana ia tahun pertama bersama Aprilia.