0
747

Motor Lansiran 1910, Terbaik Di d’Eleganza Villa d’Este

GILAMOTOR.com. – Festival desain otomotif paling bergengsi d’Eleganza Villa d’Este di Italia dimenangi sebuah motor dengan mesin empat silinder lansiran 1910, Pierce Four.

Motor antik empat silinder pertama di Amerika ini berhasil menyingkirkan 40 motor antik yang masuk dalam nominasi pada festival itu.

Dalam laman autoevolution.com dijelaskan, lima juri pada festival itu memilihnya berdasar beberapa kriteria, seperti desain, keaslian bagian dan komponen, serta negara pelestarinya.

Selain itu, beberapa sumber lain juga menjelaskan bahwa motor ini merupakan motor dengan mesin paling bertenaga di zamannya. Sayangnya tak ada data pasti berapa luaran tenaga yang dihasilkan dari mesin empat silinder itu. Namun di tahun itu (1910), motor ini mampu melesat hingga 97 km/jam.

“Motor ini merupakan model empat silinder pertama di Amerika,” ungkap New York State Museum.

Motor produksi Pierce Great Arrow Motor Car Co, awalnya diproduksi tidak dilengkapi dengan kopling. Sehingga tenaga yang disalurkan ke roda dialihkan melalui shaft drive. Dan selang beberapa tahun kemudian, motor antik ini mendapat sentuhan baru pada sektor mesin dengan pemasangan transmisi multi disc cluth dengan dua percepatan.

Dikatakan laman autoevolution.com, motor pertama produksi perusahaan dari Amerika itu berakhir pada tahun 1913.

Motor ini pertamakali dikembangkan pada September 1906 saat perusahaan itu memisahkan diri dari perusahaan induk semangnya. Desain dan rancangannya terinspirasi dari motor FN asal Belgia.

Penulis/Foto : @jayadi72 / concorsodeleganzavilladeste.com