Pantas Lebih Mahal, Ini Kelebihan Rem ABS di Motor
0
76

Pantas Lebih Mahal, Ini Kelebihan Rem ABS di Motor

Pabrikan sepeda motor terus berinovasi untuk meningkatkan keamanan pengendara dengan berbagai fitur keselamatan. Salah satunya adalah fitur pada sistem rem yang disebut anti-lock brake system (ABS). 

 

Motor dengan teknologi ABS diklaim memiliki tingkat keamanan yang lebih. Namun, harganya tentu saja lebih mahal jika dibandingkan dengan motor yang menggunakan sistem pengereman biasa. 

 

Karena harganya yang jadi lebih mahal, masih banyak konsumen yang tak memilihnya. Padahal, motor dengan ABS memiliki beberapa kelebihan yaitu: 

 

  1. Rem Lebih Pakem 

 

Keuntungan utama penggunaan rem ABS adalah kemampuannya membuat rem menjadi lebih pakem. Selain itu, pengereman dengan sistem ABS juga lebih cepat atau responsif sehingga ketika pada kondisi menghindari sesuatu di jalan akan jadi lebih optimal. Dengan jarak rem yang lebih dekat, rem ABS bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan. 

 

  1. Motor Lebih Stabil 

 

Keuntungan lain dari menggunakan motor dengan rem ABS adalah motor tetap stabil dan bisa dikendalikan meski melakukan pengereman mendadak. Artinya, motor tak gampang oleng atau tergelincir. 

 

  1. Efektif di Jalan Basah Atau Berpasir 

 

Kehadiran rem ABS sangat bermanfaat bagi sepeda motor yang biasa melaju di jalan basah atau berpasir. Pasalnya, sistem ABS membantu motor bermanuver cepat saat melintasi jalanan basah atau berpasir. Hal ini lantaran sistem ABS memperbaiki sistem traksi saat kondisi jalan licin. 

 

Selain itu, kelebihan lain dari sistem ABS adalah mampu mengurangi risiko ban tergores. Sehingga usia ban lebih panjang dan lebih irit. 

 

Itu dia beberapa kelebihan motor dengan sistem rem ABS yang menjadikan harganya lebih mahal. Perlu diketahui bahwa sebaiknya sensor rem ABS jangan sampai terendam air karena akan membuat kinerjanya menjadi menurun. Selain itu juga bisa menyebabkan karat pada modul hingga memicu korsleting.