Perbedaan Cat Motor Doff dan Glossy
0
102

Perbedaan Cat Motor Doff dan Glossy

Untuk membuat tampilan sepeda motor makin menarik konsumen, pabrikan menawarkan pilihan warna cat tipe doff atau tekstur kasar dan glossy atau yang mengkilap. Dua model finishing sepeda motor tersebut masing-masing memiliki penggemarnya sendiri. 

 

Doff dan glossy memiliki banyak perbedaan. Selain perbedaan dari tampilan luarnya, keduanya juga memiliki perbedaan dari cara merawatnya. 

 

Berikut beberapa perbedaan cat doff dan glossy: 

 

  1. Tampilan Luar 

 

Hasil finishing sepeda motor dengan cat doff dan glossy tentu saja sangat berbeda. Motor yang menggunakan cat doff akan memiliki tekstur yang kasar dan warnanya tak terlalu cerah. Berbeda dengan cat glossy yang hasilnya akan mengkilap dan lebih cerah. 

 

  1. Apabila Baret 

 

Apabila terjadi baret pada motor doff akan tak terlalu tampak. Tetapi, cara menghilangkan baretnya cukup sulit karena tak bisa diamplas jadi harus di-repaint. 

 

Sementara, apabila cat glossy mengalami baret akan sangat terlihat. Namun, di cat glossy untuk menghilangkannya relatif lebih mudah, yaitu tinggal diamplas. 

 

  1. Jamur 

 

Pada motor dengan cat doff apabila kotor atau berjamur maka akan sangat mengganggu penampilan karena akan tampak seperti panu atau bercak keputihan. Sementara pada motor dengan cat glossy cenderung lebih aman dari jamur. 

 

  1. Perawatan 

 

Untuk perawatan, pastikan jangan sembarangan menggunakan sampo atau sabun untuk mencuci motor dengan cat doff karena bisa membuat bodi rusak. Pastikan menggunakan sampo atau sabun khusus untuk mencuci motor doff. 

 

Untuk perawatan motor dengan cat glossy cenderung lebih mudah dan bodinya lebih bandel. Meski demikian, baiknya tetap gunakan sabun khusus motor glossy. 

 

Itu dia beberapa perbedaan cat motor doff dan glossy. Lakukan perawatan berkala agar motor kesayangan tampil bersih dan keren.