0
92

Tips Menyeberang dengan Sepeda Motor Saat Tak Ada Lampu Merah

Salah satu tantangan berkendara sepeda motor di Indonesia adalah tidak semua tempat tersedia tempat penyeberangan. Untuk itu, penting untuk memiliki skill dan pengetahuan menyeberang yang aman saat tak ada lampu merah. 

 

Menyeberang adalah salah satu kondisi tak bisa dihindarkan saat berkendara. Ketika harus menyeberang di jalan besar tanpa lampu merah, pengendara motor tak boleh terburu-buru karena bisa sangat berbahaya. 

 

Berikut beberapa tips menyeberang tanpa lampu merah: 

 

  1. Sabar 

 

Sangat penting untuk bersikap sabar karena kondisi jalan bisa saja sangat ramai saat akan menyeberang. Bersikap terburu-buru tak akan membantu dan justru bisa membahayakan. Sebaiknya menunggu sampai benar-benar aman dibandingkan harus memaksa menyeberang ketika kendaraan lain sudah terlalu dekat dengan kita.

 

  1. Jangan Lakukan Pergerakan Mendadak 

 

Sangat penting untuk dipahami pengendara motor saat akan menyeberang adalah jangan melakukan gerakan mendadak. Jangan asal menyeberang saat sudah sangat dekat dengan tujuan. 

 

Beri tanda dengan lampu sein saat akan menyeberang minimal 50 meter dari tempat tujuan. Bergeraklah perlahan menuju tempat tujuan. 

 

  1. Aktif Lihat Spion 

 

Pengendara harus tenang dan memastikan keadaan depan kosong dan belakang juga kosong dengan kaca spion. Jangan nekat nyelonong saat kondisi jalan di belakang masih ramai.  

 

Pastikan kondisi kendaraan di depan tak ramai begitu juga di belakang saat akan menyeberang. Kendaraan lain biasanya akan memberikan jalan saat lampu sein sudah dinyalakan. 

 

Itu dia beberapa tips aman menyeberang jalan saat tak ada lampu merah. Pastikan tidak buru-buru dan asal nyelonong ya karena bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.