Tutorial Cara Mengendarai Motor Kopling
Tutorial Cara Mengendarai Motor Kopling. Foto: Shutterstock
9
21052

Tutorial Cara Mengendarai Motor Kopling

Berikut ini tutorial cara mengendarai motor kopling untuk pemula.

GilaMotor.com – Bang Gilmot ingat waktu pertama kali belajar motor di umur 17 tahun. Kebetulan motor yang digunakan adalah Honda Win 100. Waktu itu tantangan terbesarnya adalah mengoperasikan kopling, Gilmoters. Dan Bang Gilmot yakin saat ini ada juga calon-calon biker yang pengen belajar motor kopling. Atas dasar itulah Bang Gilmot pengen berbagi pengalaman cara mengendarai motor kopling.

Mengendarai motor kopling memang agak berbeda dengan mengendarai skutik atau bebek. Karena terdapat peranti kopling itu sendiri. Motor yang menggunakan kopling contohnya adalah Yamaha V-Ixion, Suzuki GSX-R/S150, atau Honda CB150R. Motor-motor yang dilengkapi kopling jelas lebih sporti dibanding skutik atau bebek. Motor dengan kopling juga terkenal menyuguhkan performa yang lebih baik.

Sebelum masuk ke cara mengendarai motor kopling, ada baiknya untuk lebih dulu memahami yang dimaksud dengan kopling. Secara garis besar kopling bisa dibilang adalah komponen di motor yang menghubungkan mesin dengan transmisi. Fungsi kopling adalah untuk menyelaraskan atau menghubungkan putaran mesin dan transmisi. Yang pada akhirnya menggerakkan roda.

Lalu, bagaimana cara kerja kopling? Gampangnya, ketika kopling ditarik maka tenaga dari mesin yang mengalir ke transmisi akan terputus. Begitu pun sebaliknya, ketika kopling dilepas lagi maka tenaganya akan terhubung kembali. Inilah yang biasanya disebut dengan istilah engage (menyatu) dan disengage (terputus).

Cara Naik Motor Kopling

1. Kenali Tiga Bagian Ini

Ada tiga bagian yang perlu diingat waktu mau mengendarai motor kopling. Yang pertama adalah throttle atau gas, gear selector atau tuas transmisi (berada di kaki kiri) dan kopling itu sendiri atau yang lazim pula disebut clutch.

2. Pahami Arah Perpindahan Gigi

Posisi perpindahan gigi motor kopling umumnya berbeda dengan motor bebek. Kalau motor bebek biasanya punya arah perpindahan gigi ke depan semua (N-1-2-3-4-5) untuk menambahnya. Namun, kebanyakan motor kopling punya posisi gigi (1-N-2-3-4-5). Dari situ bisa dilihat adanya perbedaan posisi gigi netral.

3. Nyalakan Motor

Seharusnya langkah ini bukanlah masalah. Karena Gilmoters tinggal masukkan anak kunci, putar ke arah on, dan tinggal starter. Masalahnya, untuk motor kopling ada hal yang perlu diperhatikan. Beberapa motor kopling tidak bisa dinyalakan apabila gigi tidak dalam posisi netral. Jadi biar aman pastikan posisi gigi netral ketika hendak menyalakan mesin.

4. Memulai Perpindahan Gigi

Setelah motor menyala dan gigi ada di posisi netral sekarang Gilmoters harus memasukkan gigi 1 untuk bisa menjalankan motor. Prosesnya, biarkan mesin ada di putaran langsam atau idle, tarik kopling sepenuhnya, dan injak tuas transmisi ke depan. Setelah gigi berhasil masuk ke posisi 1, lepas tarikan kopling secara perlahan.

Bagi yang benar-benar belajar motor kopling dari nol, pada tahap ini gak perlu memainkan gas terlebih dahulu. Tapi coba dulu rasakan reaksi motor ketika kopling dibuka sedikit demi sedikit. Ban belakang akan terasa mulai mendorong motor ke depan. Kalau mesin terasa akan mati, cepat-cepat tarik kopling lagi. Latihan ini bisa dilakukan beberapa saat sebelum berlatih cara mengendarai motor kopling sambil jalan.

5. Berlatih Sambil Jalan

Bang Gilmot asumsikan Gilmoters sudah memiliki kepercayaan diri dan berani menjalankan motor menggunakan gigi 1 seperti yang dijelaskan poin sebelumnya. Nah, ketika motor jalan menggunakan gigi 1, seiring bertambahnya kecepatan, Gilmoters juga harus menambah gigi (shift up) ke gigi 2 dan seterusnya.

Untuk itu, caranya gak jauh berbeda dengan poin sebelumnya. Untuk masuk ke gigi 2, tutup gas berbarengan dengan menarik kopling. Lalu congkel gear selector ke atas (arah pergantian gigi motor kopling 1-N-2-3-4-5). Congkelannya bisa jadi agak jauh karena ada gigi netral di antara gigi 1 dan 2. Proses yang sama juga bisa diterapkan untuk perpindahan gigi 2 ke 3 dan seterusnya.

6. Menurunkan Gigi

Katakanlah Gilmoters sudah jalan menggunakan gigi 4 dan berniat mengurangi kecepatan atau bahkan berhenti. Pada momen tersebut Gilmoters butuh menurunkan gigi (shift down). Caranya, tutup gas bareng dengan tarik kopling. Kemudian injak gear selector ke bawah sesuai posisi gigi yang diinginkan.

Pada prinsipnya, ketika hendak menambah gigi atau menurunkan gigi yang perlu Gilmoters harus lakukan adalah menutup gas dan menarik kopling. Langkah ini bertujuan memutus hubungan antara mesin dan transmisi. Sebelum Gilmoter memilih gigi yang akan dipakai.

Setelah itu barulah memilih gigi yang diinginkan lewat tuas transmisi di kaki. Dan yang perlu diingat, pilih gigi netral ketika mau berhenti dalam waktu lama. Nah, semoga sekarang Gilmoters ada gambaran cara mengendarai motor kopling.

9 COMMENTS