Setang Ape Hangers
0
683

Ada Banyak Jenis Setang Motor, Mana yang Kamu Suka?

GilaMotor.com – Kalau diperhatikan setiap jenis sepeda motor memiliki jenis setang yang berbeda-beda. Contohnya, setang motor sport berbeda dengan motor trail atau bahkan motor cruiser.

Produsen roda dua membuatnya berbeda-beda guna memberikan kenyamanan dan rasa pengendalian motor terbaik buat konsumennya. Meski begitu nggak sedikit motoris yang kerap melakukan modifikasi setang bawaan pabrik dengan komponen after market.

Dari beberapa informasi yang berhasil Bang Gilmot dapat, ada beberapa alasan motoris memutuskan untuk mengganti setang motornya. Alasan paling umum adalah mengincar tampilan motor yang lebih keren.

[Baca juga: Bikin Ngiler! Honda Monkey dan Honda Super Cub Terlahir Kembali]

Alasan lainnya adalah setang bawaan pabrik dirasa kurang nyaman. Jadi menggantinya dengan pilihan yang lebih menunjang gaya berkendara. Di samping itu nggak sedikit pula motoris yang merasa kurang puas dengan kualitas setang standar.

Kalau Gilmoters juga ikut berencana mengganti setang motor standar, ada baiknya kenali dulu nih jenis-jenis setang motor. Setelah Bang Gilmot coba gali informasi ke sana-sini, ternyata ada jenis setang motor.

Kira-kira yang mana favorit Gilmoters?

Jenis Setang Motor 

Setang Ape Hangers

1. Ape Hangers

Jenis setang motor yang satu ini jamak ditemui di motor-motor custom. Bener nggak Gilmoters? Setang ape hangers pastinya memberikan kesan yang berbeda untuk motor Gilmoters. Karena setang ini memang dibuat untuk memberikan tampilan yang unik pada motor, bukan untuk kenyamanan.

Beach Bar

2. Beach Bar

Berbeda dengan pilihan sebelumnya, setang Beach Bar lebih bisa memberikan kenyamanan dengan desainnya yang menyerupai setengah lingkaran. Dengan begitu rider nggak kesulitan untuk menjangkaunya. Kira-kira motor apa yang cocok pakai setang semacam ini Gilmoters?

Chumps

3. Chumps

Setang model ini bisa dikatakan cocok untuk motor sport pada umumnya, meski kebanyakan ditemui di motor-motor cruiser. Di balik desainnya yang sederhana, setang Chumps bisa memberikan kenyamanan berkendara.

clip ons

4. Clip-ons / Setang Jepit

Setang clip on penggunaannya identik dengan motor sport ber-fairing. Setang clip-ons terdiri dari buah setang yang masing-masing dipasang dengan menjepit tabung suspensi. Pengalaman berkendara yang tersuguh dari penggunaan setang semacam ini sporty abis.

clubman

5. Clubman

Setang clubman sama-sama memberikan sensasi berkendara sporty sama halnya dengan yang diberikan setang clip-ons. Bedanya, setang clubman bentuknya one piece dan dipasang menempel ke segi tiga setang.

cruiser

6. Cruiser

Secara kasat mata setang cruiser memiliki desain mirip chumps. Hanya saja bentuknya lebih tinggi. Setang model ini pun dikenal nyaman dikendarai sehingga cocok untuk aktivitas berkendara jarak jauh.

7. Drag

Kalau diperhatikan jenis setang inilah yang paling sederhana dan kebetulan jadi favorit Bang Gilmot. Alasannya karena benar-benar simple dan membuat motor terlihat berkarakter.

motocross

8. Motorcross / Tracker

Setang jenis ini jamak ditemui di motor off-roaddual sport, atau super moto. Bentuknya yang relatif lurus dan lebar bukan tanpa maksud. Melainkan untuk memberikan kendali mumpuni saat motor masuk jalan rusak.

z bar

9/ Z Bar

Jenis setang ini populer di kalangan penggemar motor custom. Namanya diambil dari bentuknya yang menyerupai huruf “Z”. Sejujurnya, Bang Gilmot belum pernah naik motor dengan setang seperti ini. Gilmoters pernah?