0
909

Tuas Rem Depan Motor Keras, Masalah Sepele Tapi Fatal  

GilaMotor.com – Sistem pengereman nggak bisa dipandang sebelah mata fungsi atau perawatannya. Karena segala gangguan yang muncul di sana bisa berujung bencana. Seperti halnya kayaknya yang Bang Gilmot alami sendiri belum lama ini.

Bukan, Bang Gilmot bukan habis kecelakaan. Cuma nyaris saja motor ini nyundul kendaraan yang ada di depan. Waktu itu tuas rem depan motor Bang Gilmot terasa keras ditarik. Kalau nggak paksa, bisa-bisa motor nggak berhenti hanya dengan memanfaatkan rem belakang.

Pokokya, ngeri banget, bro. Sejujurnya ini adalah salah Bang Gilmot sendiri karena nggak melakukan langkah penanganan secepatnya. Tuas rem depan depan motor terasa keras sudah terjadi beberapa lama. Namun Bang Gilmot selalu menunda-nunda untuk membetulkannya.

[Baca juga: Suzuki Panjang 36 Unit Motor di Jakarta Fair 2018]

Tak lama setelah kejadian itu Bang Gilmot mampir ke bengkel langganan yang ada di dekat rumah untuk memeriksakan kondisi tunggangan kesayangan. Gangguan di sektor pengereman menjadi salah satu item yang harus diselesaikan.

“Master remnya udah nggak bener. Tapi ini bukan masalah besar,” kata sang mekanik usai mendiagnosa motor Bang Gilmot. Jadi rupanya penyebab tuas rem depan motor terasa keras adalah piston rem atas yang kotor. Dalam kasus Bang Gilmot bahkan sudah ditumbuhi jamur.

“Bisa begini paling karena sering kehujanan,” sambung mekanik Bang Gilmot. Wah, kalau dipikir-pikir bahaya banget nih. Cuma karena hal sepele kita bisa celaka dibuatnya.

[Baca juga: Suzuki Siap Kawal Pemudik 2018]

Pada waktu yang bersamaan mekanik Bang Gilmot langsung melakukan penanganan “penyakit” tersebut. Caranya dengan melepas master rem, kemudian menyopot karet penutup piston atas. Dan membersihkannya dilanjut dengan memberinya oli.

Langkah yang dilakukan sangat mujarab. Tuas rem motor depan kembali jadi empuk dan bisa rem pun menggigit sesuai keinginan. Nah, pesan Bang Gilmot sebaiknya Gilmoters nggak menunda-nunda untuk membereskannya apabila dihadapkan pada masalah serupa karena akibatnya bisa fatal.