0
1518

11 Tahun di Indonesia Viar Motor Makin Yakin

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Kebutuhan masyarakat pada motor dengan harga terjangkau dan berkualitas, dipandang sebuah peluang besar oleh PT Triangle Motorindo (TM) untuk menghadirkan motor berkualitas dengan harga sangat terjangkau.

Terbukti, sejak berdiri pada Februari tahun 2000 lalu, produsen dan sekaligus prinsipal motor Viar ini telah berhasil mengisi pasar motor Indonesia serta bertahan selama 11 tahun lamanya. Tak cukup sampai disitu, motor yang diklaim PT TM ini sebagai motor Indonesia, terus menguatkan posisinya di pasar roda dua Indonesia.

Bahkan, dari data yang dikeluarkan PT TM, penjualan motor Viar berada diatas penjualan motor Kawasaki, TVS dan Kanzen.

Bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke 11 Viar Motor Indonesia di MU Café, Jakarta (24/3), PT TM menjabarkan perkembangan penjualan motor Viar di Indonesia selama tahun 2010.

Viar menjelaskan, berakhirnya tahun 2010 merupakan era kebangkitan penjualan motor dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dari data penjualan motor Viar pada tahun 2010 tercatat sebanyak 96.807 unit atau terjadi peningkatan sebesar 58% dari tahun 2009 yang hanya 61.293 unit.

“Secara umum, fluktuasi penjualan motor Viar di Indonesia mencapai puncaknya pada bulan Agustus. Dimana pada bulan itu permintaan motor sangat tinggi saat menjelang hari raya lebaran,” terang Akhmad Zafitra Dalie, GM Marketing PT TM.

Pada bulan Agustus, Viar mencatatkan penjualan sebesar 10,4% atau 10.103 unit. Sementara itu, memasuki bulan Desember penjualan Viar mengalami penurunan sebesar 3% atau 7.991 unit dibanding bulan sebelumnya.

Penjualan tertinggi terjadi diwilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat sebanyak 18.050 unit atau 19% dari total penjualan motor Viar selama 2010. Lalu disusul Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara sebesar 12% atau 11.736 unit.

Kemudian penjualan motor Viar terbanyak ketiga berada di wilayah Jawa Timur sebesar 12% atau 11.127 unit.

Saat ini Viar memiliki 4 varian motor penumpang seperti Viar Star-Z, Viar Star CX, Viar Vior skutik, serta Viar VIX-R dan  2 motor untuk kebutuhan komersial atau roda tiga.

Di tahun 2011, kata Dalie, pihaknya yakin penjualan Viar Motor Indonesia akan mencapai 120 ribu unit atau mencapai 26%. Selain itu, kedepannya Viar akan terus menghadirkan produk-produk berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Penulis/Foto : Jay