0
1853

Evalube : Terapkan Sistem Bisnis Terintegrasi ERP

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Pola operasional yang terpadu akan mendukung tercapainya produk yang bermutu dan pada gilirannya akan memegang peranan penting dalam meyakinkan konsumen. Karena itu, perluasan jaringan penjualan dan distribusi menjadi prioritas sejalan dengan peningkatan pelayanan terhadap konsumen.

Seperti pola bisnis yang diterapkan PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) selaku produsen oli Evalube, dengan menerapkan sistem bisnis yang terintegrasi dalam Enterprise Resource Planning (ERP).

Modul aplikasi Standard Aplication procedures (SAP) mampu mengintegrasikan proses bisnis mulai dari hulu hingga ke hilir, termasuk di dalamnya proses perencanaan produksi, penjualan dan distribusi.

Dengan demikian, PT WGI memiliki landasan operasional yang diperlukan untuk sukses dalam persaingan di pasar domestik dan regional.

Demi menguatkan jaringan distribusi, PT WGI membentuk tim penjualan yang tangguh. Tim dipersiapkan untuk menembus wilayah-wilayah dengan konsumen potensial. Tim ini juga dibekali pengetahuan untuk melayani konsumen di wilayah kerja masing-masing secara profesional.

Setiap distributor memiliki cara dan strategi sendiri dalam memasarkan produk Evalube, namun tetap dibawah pengawasan prinsipal. Seperti yang dilakukan PT. Meka Adipratama Jogya (MAJ) yang berlokasi di Jl. Parangteritis 1 No. 139 B. Jogyakarta.

Dalam mendistribusikan dan memasarkan oli Evalube, PT. MAJ yang membawahi sekitar 1.200 outlet penjual oli Evalube yang tersebar di berbagai wilayah Jogyakarta dan sekitarnya, menyediakan beragam program menarik bagi konsumennya, mulai dari diskon hingga diundang secara khusus untuk menghadiri sebuah acara.

“Kami menyediakan kartu Evalube Pro Rider khusus bagi member yang membeli oli Evalube di bengkel-bengkel bertanda khusus. Dengan kartu tersebut, konsumen dapat menikmati beragam fasilitas, mulai potongan harga hingga undangan acara-acara khusus yang dilaksanakan oleh prinsipal,” jelas A. Sugeng Wuryanto, Kepala Cabang PT MAJ.

Menurut Sugeng, kartu Evalube Pro Rider dapat digunakan untuk mendapatkan beragam fasilitas khusus. Selain itu, kata Sugeng, kartu tersebut juga dapat digunakan olah siapapun yang ingin mendapatkan oli Evalube dengan harga khusus.

“Contoh misal, adik, kakak, ibu, bapak, kakek, nenek atau saudara pemegang kartu ingin mendapatkan oli Evalube dengan harga khusus, bisa menggunakan kartu yang dimiliki oleh pemegang kartu. Dan pemilik kartu, selain mendapatkan diskon juga akan mendapatkan program-program menarik lainnya,” papar Sugeng.

Di wilayah Jogyakarta sendiri, oli Evalube yang masih menjadi oli pilihan masyarakat Jogyakarta dan sekitarnya adalah 2T Pro dan 4T pro. Secara keseluruhan, market share yang diraih Evalube di wilayah Jogyakarta berada dikisaran 20 persen. Tahun 2011, market share oli Evalube di Jogyakarta diharapkan akan menembus pasar sebesar 30 persen.