48
59180

Mesin Satria FU Sering Mati Mendadak

Nama : Iqbal Herdiansyah

Email : 8_ball@****.com

Selamat pagi Gilamotor, gw Iqbal di Bogor. Gw pake Satria FU 150 tahun 2010. Sebelumnya nih motor asik-asik aja dipake jalan kemana juga, tapi belakang kok gw sering ngalamin hal menyebalkan. Motor suka mati tiba-tiba, tapi setelah didiemin sekitar 10 sampai 15 menit, nyala lagi.

Kondisi ini sudah gw alamanin sekitar 3 kali. Sangat mengganggu banget apalagi kalau lagi buru-buru.

Mohon petunjuknya yah mas bro Gilmot, kira-kira apa yah masalahnya?

Salam,

8ball The Buitenzorg

Thanks bro 8ball. Keren juga nih namanya, “Delapan Bola” hahaha.. ok kembali ke laptop.

Masalah motor mati tiba-tiba bisa banyak penyebabnya, tapi dari cerita Anda, masalahnya bisa saja ditimbulkan oleh tutup tangki motor Anda. Kok tutup tangki sih? Ya, Masalah yang ditimbulkan sebenarnya sederhana, cuma terkadang bikin panik setengah mati karena bisa bikin motor mati tiba-tiba.

Sering ditemukan, bikers yang mengalami motor mati tiba-tiba kendati motornya masih baru. Hal ini diungkapkan Muhammad Amin, mantan mekanik Mins Plus Black Mrongos Motor yang bermarkas di Jl. Haji Ali, Tegal Parang Selatan I Buncit IV, Jakarta-Selatan.

“Bukan sekali, tapi sering kejadian bikers datang dengan keluhan motornya mati tiba-tiba. Biasanya sih motor Mio sama Satria FU150,” jelas lelaki yang akrab disapa Mins ini.

Ketika ditelusuri ternyata masalahnya ada pada lubang udara tutup tangki yang ukurannya hanya berkisar 1mm.

“Biasanya, masalah seperti ini timbul akibat vakum bensinnya macet, saat ngecek vakum dan selang yang menuju vacum ternyata tidak ada masalah, langkah terakhir buka tutup tangki kemudia nyalakan mesin. Kalau sudah nyala bersihkan tutup bensin terutama bagian lubang udaranya supaya udara gampang mengalir saat vakum bekerja,” jelas Amin.

Jika masalah ini belum terpecahkan, ada baiknya Anda cek kondisi motor Anda bengkel resmi Suzuki.

Semoga membantu.

“Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor”

48 COMMENTS

  1. saya ahmad suandi d medan dan skarang lagi japan menjadi TKI. Rencana saya setelah pulang dr japan saya ingin mmbuat bengkel motor. tp saya masih bingung harus mulai dari mana. apakah da masukan bwt saya. trimakasih atas bantuannya.

  2. mw tanya nih bro… temen aku mw overcc satria fu menjdi 200cc hal ap saja yg perlu di perhatiin nih… makasih