353
14203

V-Ixion 2007 : Klonengan YZF-R15

GILAMOTOR.com, Jakarta. – ATPM Yamaha di Indonesia yang tidak memasarkan YZF-R15 di Indonesia, membuat pecinta motor Yamaha kudu merogoh kocek lebih besar untuk memiliki R15. Pasalnya mereka harus membeli R15 melalui Importir Umum (IU) yang notabene dijual dengan harga lebih tinggi.

Namun, opsi lain untuk memiliki YZF-15 yang lebih murah dilakukan para pengguna V-Ixion hanya dengan membeli fairing asli milik R15. Biasanya mereka membeli dari rekan atau distributor aksesoris yang mempunyai jaringan ke luar negeri, baik ke Thailand atau India.

Seperti dilakukan blogger otomotif yang berdomisili di kawasan Bogor, Jawa Barat, Taufik Hidayat. V-Ixion yang diboyong dari dealer pada 2007 lalu, kini tampil lebih sporti dengan mengaplikasi baju milik R15 tahun 2010.

“Fairing R15 tahun 2010 mesen sama temen di India, terus masangnya dibantu sama kepala mekanik dealer Yamaha Bogor khususnya di sektor pengkabelan. Karena saya takut salah dan berakibat fatal pada ECU nya,” terang Taufik.

“Sebenarnya kalau Yamaha Indonesia ngeluarin R15 minat beli juga, soalnya kalau di IU mahal bener harganya. Kebetulan dapet rekomendasi dari temen buat pakai fairing R15, ya sekalian aja dipasangin  fairing R15 yang secara basis desain keduanya punya kemiripan. Hasilnya lebih keren kaan..? hehehe.. “ katanya bangga.

Ya. Ketimbang membeli YZF-R15 di importir umum, langkah yang dilakukan ayah dua anak ini cukup taktis. Karena cukup dengan dana sekitar Rp 5 juta, V-Ixion kesayangan sudah berubah bentuk menjadi YZF-R15.

“Tapi ada yang harus diperhatikan saat pengaplikasian fairing R15 ke V-Ixion, yaitu wiring diagram dan penambahan besi dudukan fairing. Karena warna kabel motor India dan Indonesia itu beda, kalau salah bisa-bisa panel instrument speedometer dan beberapa prangkat yang terhubung ke listrik tidak bekerja. Dan lebih fatalnya ECU motor bisa rusak,” jelas Taufik.

“Untuk dudukan fairing, saya disuruh buat dari besi setebal 1 cm berbentuk jajaran genjang yang dilas ke rangka. Posisi dudukan mounting fairing ini juga kudu diperhatikan posisinya, jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah karena berpengaruh pada kerapihan fairing saat sudah terpasang,” tambahnya.

Menurutnya, ubahan ini dilakukan agar V-Ixion nya tampil beda dengan yang lain. Jadi seperti klonengan nya R15 dong?

“Kalau di blog kan banyak akun klonengan yang kerjaanya nyamar dan bikin rusuh. Kalo ini klonengan R15 yang bikin bangga. Sejelek-jeleknya motor, gak mau disamainlah. Kalo bisa tampil beda kenapa enggak?” tandasnya sambil tertawa, ha.ha.haaa..

Penulis/Foto : Jay

353 COMMENTS