0
514

Ke MotoGP 2014, Scott Redding Dan Tim Bingung Pilih Mesin Honda Atau Yamaha

GILAMOTOR.com – Scott Redding dan tim Marc VDS bersiap untuk terbang ke kelas yang lebih tinggi, MotoGP, pada 2014 mendatang. Tim ini sedang memilah, apakah tahun depan akan menggunakan mesin Honda RCV atau M1 Yamaha.

Marc VDS punya tim di dua kelas berbeda, Moto2 dan Moto3. Sebelumnya, Redding dan Marc VDS dikaitkan dengan tim satelit Ducati setelah pembalap Inggris itu melakukan uji coba bersama tim asal Italia itu. Namun tak ada kesepakatan yang terwujud, sehingga Redding tetap membalap di Moto2.

“Kami melihat kemungkinan untuk naik ke MotoGP, dan kami telah berbicara kepada beberapa orang tentang opsi untuk pindah, termasuk dengan mesin Yamaha dan Honda RCV,” ucap Ian Wheeler, press manager Marc VDS team.

Akhir pekan nanti di Le Mans, Ian akan berbicara lagi dengan beberapa orang berpangaruh di Honda dan Yamaha, tentunya untuk membicarakan tentang peluang dan kemungkinan tim Moto2 itu naik ke MotoGP.

Honda punya rencana menyediakan paket lengkap mesin balap untuk lima pembalap, harga yang ditawarkan Honda sekitar 1 juta Euro.

Sementara Yamaha menyewakan mesinnya dan tim penyewa bebas menentukan sasis mereka sendiri. Bagaimana pun, spek mesin M1 lebih mendekati spek mesin M1 tim pabrikan ketimbang spek mesin Honda, yang mana masih menggunakan pegas, bukan pneumatic untuk mengoprasikan katupnya.

Kedua mesin itu akan memenuhi syarat untuk konsesi privateer, termasuk sejumlah bahan bakar dan penggantian mesin selama musim balap. Namun mereka menjalankan sistem sepenuhnya dikontrol dari ECU yang sudah terinstal perangkat lunaknya. Sedangkan motor tim pabrikan akan menggunakan perangkat lunak mereka sendiri.