1
696

FIFGroup: Pembiayaan Matik Mendominasi, Sport Terus Meningkat

GILAMOTOR.com – PT Federal International Finance (FIF) atau yang kini dikenal dengan FIFGroup memaparkan kinerja mereka selama tahun 2013 kemarin. FIFGroup memaparkan, kalau sepanjang tahun 2013 mereka telah mengucurkan dana pembiayaan sebesar Rp 21.5 Triliun.

Seperti keberadaannya sebagai perusahaan pembiayaan khusus sepeda motor Honda, angka 21.5 Triliun itu terbesar dialirkan untuk pembiayaan sepeda motor dengan total mencapai Rp18.8 Triliun, Rp 15.5 Triliun pembiayaan motor baru dan Rp 3.3 triliun untuk motor bekas. Sedangkan untuk pembiayaan elektronik atau yang lebih dikenal dengan SPEKTRA, FIFGroup berhasil membukukan pembiayaan senilai Rp 2,4 Triliun.

Dikatakan Djap Tet Fa Direktur Pemasaran FIF Group, lima tahun terakhir ini pertumbuhan pasar segmen matik terus meningkat. Bahkan sekarang sudah lebih dari 60 persen dimana sebelumnya motor bebek mendominasi pasar. “Pasar cub terus menurun sementara matik terus naik. Bahkan sekarang kontribusinya sudah mencapai lebih dari 60 persen. Sementara untuk segmen sport cendrung stabil namun mengarah meningkat,” katanya di Jakarta, Selasa (11/2).

“Lima tahun terakhir matik sudah mencapai 65-67 persen di tahun ini. Segmen cub 20 persen, sport masih di angka belasan persen. Pertumbuhan ini didorong oleh produsen yang gencar melahirkan produk matik, mungkin karena desain dan kemudahan.”

Untuk segmen sport, Tet Fa mengakui juga ada pertumbuhan meski tak signifikan. “Dua tahun lalu pembiayaan untuk segmen sport tak sampai 10 persen tapi sekarang sudah belasan persen. Ke depan tentu akan terus meningkat. Seiring naiknya income per kapita masyarakat, banyaknya varian yang diluncurkan juga jadi salah satu pemicunya. Sekarang Honda sudah punya CB150R, Verza, CBR150R, CBR250R, MegaPro, Tiger, kalau dulu kan cuma ada Tiger dan MegaPro saja.”

“Dua tahun ke depan, pembiayaan segmen sport mungkin akan ada di 20-an persen,” yakin direktur termuda di FIFGroup ini.

1 COMMENT

  1. Hamburger-type of breaded with ground beef, whose portion was formed in the flat, round cake, and then fried or baked Broil (Grill). As prepared hamburger is usually placed between two pieces of lightly, laterally cut rolls (which allows him to eat by holding in the hand, without the aid of cutlery). hamburger