10
15415

Rujukan Kustom Yamaha RX 100 dan RX-King yang Melegenda

GilaMotor.com – Pada masa-masa diproduksinya, Yamaha RX Series yang terdiri dari RX 100 atau RX-King 135 sangat populer di kalangan penggemar roda dua, Gilmoters. Atau bahkan Gilmoters adalah salah satu pemilik motor 2-tak legedaris keluaran Yamaha ini?

Kalau iya, ada baiknya Gilmoters simpan dan rawat baik-baik motor-motor tersebut. Karena enggak sedikit kolektor yang memburunya. Terlebih kalau kondisi motor Yamaha RX Series punya Gilmoters dalam cukup rapi dan orisinil. Pasti ditaksir banyak orang.

Tapi di lain sisi enggak ada salahnya juga kalau Gilmoters berpikiran “nakal” untuk merombaknya jadi motor kustom kayak yang lagi digemari banyak biker saat ini. Mau pilih gaya kustom café racer, scrambler, atau flat tracker terserah Gilmoters.

Dengan dukungan mesin bertenaga dan rancang bangun motor yang masih sederhana, tentunya Yamaha RX Series punya potensi menjadi motor kustom yang keren sekaligus memiliki performa yang disegani.

Menelusuri dunia maya, Bang Gilmot nemu hasil kostom Yamaha RX Seris terbaru yang dirasa bisa menjadi gambaran bagi Gilmoters pemilik tunggangan berjuluk “motor jambret” ini. Enggak ada salahnya disimak sebagai referensi kustom Yamaha RX Series.

Yamaha RX 100 Penggaruk Tanah Retro

Rujukan Kustom Yamaha RX 100 dan RX-King yang Melegenda 02
(Foto: Indianautosblog.com)

Sebuah rumah modifikasi asing beranama Ironic Engineering merobak Yamaha RX 100 yang awalnya adalah motor sport jalanan menjadi penerabas dua alam. Diberi nama Baby Blue, motor ini mendapat ubahan total mulai dari segi visual sampai teknis. Namun masih memanfaatkan mesin dan rangka yang  ada.

Rujukan Kustom Yamaha RX 100 dan RX-King yang Melegenda 05

Suspensi depan dan belakang naik. Terdapat pula komponen-komponen kustom yang menempel, seperti pijakan kaki, setang, dan suspensi. Yang paling menarik adalah bentuk lampunya yang unik. Mesinnya masih standar 98 cc satu silinder dengan sodoran tenaga puncak 11 daya kuda dan torsi 10,39 Nm.

Yamaha RX135 Café Racer Kustom

Rujukan Kustom Yamaha RX 100 dan RX-King yang Melegenda 03

Berbeda dengan contoh kustom yang sudah disebut, kali ini gaya kustom yang dikedepankan adalah café racer. Menariknya lagi, penyelesaian sentuhan akhirnya justru dibuat seolah-olah proses belum rampung. Sebagian besar bodinya didominasi material besi yang terlihat mentah tanpa balutan cat.

Rujukan Kustom Yamaha RX 100 dan RX-King yang Melegenda 04

Yamaha RX135 atau RX-King kustom ini adalah buatan rumah modifikasi Bull City Customs asal India. Hal mencolok lainnya dari RX-King kustom ini adalah penggunaan roda yang cukup besar dan pemilihan pelek bintang 18 inci. Sungguh di luar kebiasaan gaya kustom café racer yang jamak memanfaatkan pelek jari-jari.

Sementara itu setang jepit yang digunakan sudah cukup mendukung konsep café racer. Sedangkan, rem belakangnya sudah dikonversi memakai cakram selayaknya rem depan. Biar pakem kalau diajak kebut-kebutan nih, Gilmoters.