Photo: Istimewa
1
5766

Tengok Perbedaan Vario 125 dan New Vario 125, Bukan Sekedar Ganti Baju (Bag.1)

GILAMOTOR.com – Sepintas, saat melihat sosok New Vario 125, sebagian dari bro en sis mungkin hanya melihatnya sebagai body change, alias ganti baju saja. Padahal bedanya jauh bro en sis.

Lebih dari itu, New Vario 125 dirancang jauh berbeda dari pendahulunya. Bahkan bisa disebut, motor ini sebagai totally new model, alias Vario 125 generasi kedua Vario 125.

“Pada New Vario 125 hampir seluruhnya berubah dari sebelumnya. Mulai dari sasis, mesin hingga bodi semuanya baru,” urai Sarwono Edhi, Service Training Manager Astra Honda Training Center.

Dimensi

Secara keseluruhan, dimensi PxLxT New Vario 125 sedikit berbeda dari Vario 125. Diantaranya New Vario 125 yang lebih panjang 17mm, namun lebih ramping 6mm dan rendah 7mm dari versi sebelumnya.

Perbedaan dimensi sendiri lebih dikarenakan desain bodi dan tidak berefek besar pada handling karena ukuran wheelbase yang nyaris sama (New Vario 125 berukuran 1.280mm dan Vario 125 yang 1.281mm).

Lalu, New Vario 125 punya jarak terendah ke tanah 135mm, sementara versi sebelumnya 128mm. “Sekarang nggak perlu takut mentok di polisi tidur, karena ground clearance lebih tinggi,” jelas Edhi, sapaanya.
vario-125-comparation-2
Sasis

Bukan hanya bodi dan dimensi, bagian sasis juga berubah. Paling jelas terlihat dari sasis yang sebelumnya menganut pipa tubular bulat, kini menjadi pipa kotak. Desain pegangan tangki dan bagasi juga berubah.

Sedangkan tulang di bagian sasis New Vario 125 dirombak untuk kebutuhan tempat aki yang pindah ke bagian dek. Ini artinya, dudukan aki di tebeng headlamp kini hilang.

Tak hanya itu, detail bentuk jok dan tangki reservoir radiator coolant juga berubah. Sehinga kedua parts tersebut nggak bisa saling subtitusi bro en sis.

“Desain baru juga ada di link engine hanger. Model baru didesain lebih sederhana dan minim lekuk tambahan. Ini yang jadi rahasia penambahan tinggi ground clearance,” urai pria berkacamata itu.
vario-125-comparation-3
Detail

Nggak ketinggalan, rombakan desain juga terlihat pada panel dek, alias step floor yang di model anyarnya tertanam aki.

Lalu lekuk pipa knalpot baru yang disesuaikan dengan desain link engine hanger. “Pipanya jadi lebih pendek. Tapi performa dan suara tetap sama karena disiasati lewat perubahan sekat pada silencernya. Tapi kalau mau ganti knalpot racing, ya jelas New Vario 125 nggak bisa pakai model sebelumnya,” papar Edhi.

Pun demikian bagian velgnya. Ternyata bukan cuma desain palangnya yang berubah, tapi juga lebar dan lekukan dalamnya.

“Lebarnya bertambah, menjadi 1.85-14 di depan dan 2.15-14 belakang. Sebelumnya hanya 1.60-14 di depan dan 1.85-14 belakang,” katanya.

Sedangkan lekuk bagian dalam ditambah tonjolan yang disesuaikan untuk aplikasi ban tubeless. “Jadi, ban tubeless nggak langsung habis anginnya,” tambah Edhi.

Eits, masih banyak perubahan lainnya lho bro en sis. Seperti apa? Tungguin laporan kami selanjutnya ya.

 

1 COMMENT