Photo: Gilamotor.com/Gojay
0
4350

Nikmatnya Kuliner Khas Bali : Mujair Nyat-nyat

GILAMOTOR.com – Salah satu surga bagi para penikmat citarasa khas Indonesia ada di Pulau Dewata, Bali. Dengan beragam kekayaan rempah hasil bumi, Bali juga dikenal dengan wisata kulinernya.

Ikan Mujair Nyat-nyat adalah satu dari sekian banyak kuliner yang bisa dinikmati di Bali. Di sela touring Honda Smart Adventure saat menjelajah Pulau Seribu Pura itu, seluruh peserta touring singgah di rumah RM Pak Bagong. Rumah makan ini punya menu andalan bernama Mujair Nyat-nyat.

Secara tampilan, Mujair Nyat-nyat terlihat mirip dengan olahan ikan pesmol. Taburan bumbu berwarna kuning kecoklatan menyelimuti ikan Mujair sebesar telapak tangan orang dewasa.

“Bahasa bekennya, orang bilang ini adalah pesmol. Tapi Mujair Nyat-nyat diberi sentuhan bumbu Bali yang khas,” buka I Wayan Sukamara, pemilik RM Pak Bagong.

Mujair Nyat-Nyat 1

Ikan yang dipanen dari Danau Batur ini diolah dengan baik sehingga saat dimakan tak ada lagi rasa lumpur yang biasa didapati pada ikan-ikan danau air tawar. Cara pengolahannya sederhana, ikan hanya digoreng hingga tingkat kematangan sesuai dengan keinginan pemesannya.

Setelah digoreng, ikan dimasukkan ke dalam wajan bertabur bumbu khas RM Pak Bangong dan ditutup rapat selama 20 menit. Racikan bumbunya yang membuat Ikan Mujair Nyat-nyat jadi istimewa.

Saat potongan ikan itu masuk ke mulut, rasa pedas, asam, asin dan gurih menjadi satu. “Tingkat kepedasan dan kerenyahannya bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan,” terang lelaki yang akrab disapa Pak Bagong.

Ikan Mujair Nyat-nyat disajikan dengan tumisan kangkung, sambal matang [sambal goreng], sambal mentah [irisan tipis bawang merah, cabai rawit dan kecombrang] yang ditabur kacang tanah.

Satu porsi Ikan Mujair Nyat-nyat dan sepiring nasi, harganya Rp 35.000 – 45.000.

Lokasinya ada di Jl. Tirta Geduh Komplek LCAYA, Bangli, 081337154900.