Dok. Foto: Motorcyclelegalfoundation.com
0
289

Mau Sunmori? Siapkan Beberapa Hal Ini

Sunday Morning Ride (Sunmori) kini tengah digemari oleh banyak pengendara sepeda motor. Apalagi oleh orang-orang yang tergabung dalam komunitas motor.

Sunmori bersama teman-teman memang menyenangkan. Bagi sebagian orang, sunmori bisa sebagai sarana melepas stres. Akan tetapi ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum lakukan sunmori. Apa saja itu?

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum lakukan sunmori:

1. Helm SNI

Keselamatan adalah yang paling penting saat lakukan sunmori. Salah satunya adalah gunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI).

Selain itu, penting juga menggunakan helm dengan benar. Kancingkan bagian pengancingan helm yang paling utama karena banyak orang mengabaikan dan tak mengancingkannya.

2. Gunakan tabir surya

Biasanya sunmori itu dari pagi sampai siang. Untuk itu, penting menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Gunakan sunscreen SPF 30+ atau lebih.

3. Jaket

Gunakan jaket yang layak untuk sunmori. Jangan gunakan jaket tipis, gunakan yang tebal agar tak kedinginan di jalan. Jenis windbreaker yang bisa memecah udara dari depan, mengatasi hujan kecil seperti gerimis dan tidak setebal jaket kain.

4. Periksa motor

Memeriksa motor adalah bagian paling penting karena keadaan motor saat akan digunakan sunmori harus dalam keadaan prima. Periksa ban, jika tekanan angin kurang pastikan untuk menambah angin terlebih dahulu.

Pastikan juga keadaan rem, spion, dan mesin aman. Periksa juga komponen lainnya, harus dalam keadaan normal.

5. Kondisi fisik

Jangan terlalu memaksakan diri saat kondisi fisik kurang baik untuk sunmori. Sebelum sunmori harus memastikan bahwa kondisi fisik sedang dalam keadaan sehat sehingga bisa melakukan sunmori dengan aman. Pasalnya, jika kondisi fisik sedang tidak baik bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara.

6. Jas hujan

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan jas hujan. Pasalnya, kondisi cuaca bisa tiba-tiba berubah dari cerah menjadi hujan.

7. Cek jalur sunmori

Memastikan jalur yang akan dilewati sudah benar juga penting. Jangan sampai tersasar saat lakukan sunmori. Selain itu, melalui google maps juga bisa mengecek apakah jalur yang akan dilewati sedang macet atau tidak.

Itu dia beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum melakukan sunmori.