Photo: Kawasaki Motor Indonesia
0
1878

Cost Produksi Menuju EURO3 Mahal, KMI Stop Produksi Ninja 2 Tak

GILAMOTOR.com – Produksi Kawasaki Ninja 2 dihentikan . PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) selaku produsen, tak kuasa memenuhi aturan standar emisi gas buang EURO3 dengan alasan cost produksi yang tak sesuai.

Tak dapat dipungkiri, rangkaian Ninja 2 tak series (Ninja S, Ninja SS dan Ninja R) menjadi salah satu backbone penjualan PT KMI di Tanah Air. Namun, perjalanan panjangnya akan berhenti terhitung mulai Juli 2015.

Sebelumnya, PT KMI sempat mengutarakan untuk meneruskan penggarapan Ninja 2 tak. Akan tetapi, usaha tersebut pupus. Mereka bahkan melibatkan Kawasaki Heavy Industry (prinsipal Kawasaki) untuk melakukan penyesuaian terkait EURo3.

Bukannya tidak mampu, pembenahan dan improvement menuju EURO3 tidak sejalan dengan visi PT KMI. Melalui keterangan rilisnya, alasan Kawasaki Indonesia menghentikan produksi dikarenakan cost produksi dan hasil darinya tidak sesuai dengan target pasar.

“Produksi ninja 2tak resmi diberhetinkan, tetapi penjualan ninja 2 tak tetap akan berjalan,” kata Yusuke Shimada, Assistant GM Marketing PT KMI.

Meski produksinya dihentikan, Shimada mengatakan masyarakat tetap bisa membeli Ninja 2 tak. Peraturan tersebut menurutnya hanya berlaku untuk produksi.

“Anda tetap bisa membeli dan mengendarai motor 2 tak ini. Jadi, jangan melewatkan untuk membeli motor legenda kamu,” sahut Shimada.

Dirinya juga menjamin ketersediaan spare part dan service di jaringan resmi Kawasaki di Indonesia.