3
916

Konservasi Alam ala AHM

Bergelut di dunia otomotif tidak melulu membuat produsen sepeda motor mementingkan produksi atau penjualan kendaraan Gilmoters. Salah satunya seperti yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) yang menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan melakukan konservasi lingkungan.

Produsen berlambang sayap tunggal tersebut menyambangi area wisata situs purbakala Stone Garden dan Gua Pawon di Bandung Barat Gilmoters. Konservasi yang dilakukan PT AHM ini diharapkan mampu melestarikan lingkungan sekaligus merevitalisasi salah satu tempat tujuan wisata di Bandung.

Kegiatan konservasi ini ditandai dengan penanaman sekitar 8.000 jenis pohon di area pebukitan Desa Gunung Masingit, Kabupaten Bandung Barat Gilmoters. Beragam jenis pohon ditanam, seperti bambu, rambutan, sirsak, surain, nangka,mahoni uganda dan lainnya.

Penanaman ribuan pohon ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan PT AHM dalam Gerakan Citarum Bestari dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat loh Gilmoters. Yang tujuannya untuk mengoptimalkan fungsi daerah resapan air guna mencegah terjadinya longsor. Tidak hanya itu Gilmoters, penanaman pohon ini juga diharapkan mampu menjaga kelestarian fauna yang ada di sekitar aliran sungai Citarum.

Selain melestarikan lingkungan, kegiatan ini juga bermanfaat bagi masyarakat setempat Gilmoters. Pasalnya, masyarakat sekitar juga memperoleh edukasi untuk melakukan perawatan dan mendapatkan manfaat ekonomi dari pohon yang ditanam.

“Bekerja sama dengan Yayasan Saung Angklung Udjo kami akan mengedukasi masyarakat sekitar keterampilan mengolah pohon bambu menjadi angklung. Ada manfaat ekonomi yang tercipta di sini karena pasarnya sudah ada. Di sisi lain, potensi wisata terbuka untuk dikembangkan.” ungkap ‎Deputy Head of Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin.

Selain Yayasan Saung Angklung Udjo, konservasi lingkungan dan revitalisasi daerah wisata purbakala ini juga didukung oleh berbagai pihak. Seperti Pemprov Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLHD) Provinsi Jawa Barat, Yayasan Astra Honda Motor, Forum Pemuda Peduli Karst Citatah (FP2KC), dan anak perusahaan AHM yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia.

3 COMMENTS