Bengkel Spesialis Motor 2-Tak D’Kins Speed
4
6331

Bengkel Spesialis Motor 2-Tak D’Kins Speed: Dari Pegang Volkswagen Sampai ke Motor Berasap

GilaMotor.com – Pernah beberapa waktu lalu Bang Gilmot diajak seorang kawan untuk menyambangi salah satu bengkel di bilangan Lampiri, Jakarta Timur. Si kawan berkata jika bengkel yang bernama D’Kins Speed ini merupakan salah satu bengkel spesialis motor 2-tak Gilmoter. Bahkan namanya cukup harum dikalangan penggemar sepeda motor ‘berasap’.

Mendapat ajakan yang menarik ini tentu berat hati jika menolaknya. Ibarat diajak makan gratis dan boleh nambah, ngga butuh waktu lama untuk menerima ajakan tersebut.

(Baca juga: Troy Bayliss Kembali Balapan di Usia 48 Tahun)

Menempuh perjalanan sekitar satu jam, akhirnya Bang Gilmot tiba di tujuan bengkel spesialis motor 2-tak. Kesan pertama, ngga ada yang spesial Gilmoters. Hanya sebuah bengkel sederhana di antara pemukiman penduduk.

Bengkel Spesialis Motor 2-Tak D’Kins Speed

Namun Bang Gilmot langsung disambut dengan ramah oleh Sodikin, si empunya D’Kins Speed. Usai berkenalan dan memberitahu maksud dan tujuan, pria ramah yang akrab disapa Kang Ikin pun mulai bercerita mengenai awal mula dirinya ‘mengoprek’ sepeda motor 2 tak.

“Mulai beroperasi sejak 2010-an lah. Dulunya saya ini seorang mekanik yang biasa pegang mobil-mobil Volkswagen (VW). Dan kebetulan dulu punya Kawasaki AR 125 yang ‘ngadat’ dan ke bengkel terus. Lalu saya coba oprek-oprek sendiri dan bisa, lantas keterusan deh sampai sekarang. Sejak saat itu teman-teman juga mulai mempercayakan motornya ke saya,” ungkapnya seraya menawarkan kopi.

Sambil menyeruput kopi, Bang Gilmot memandangi sekitar bengkel. Di halaman sebuah rumah yang merangkap sebagai bengkel itu berjejer rapi motor-motor milik pasien bengkel spesialis motor 2-tak. Yang kebanyakan adalah Honda NSR, Suzuki RGR, Kawasaki Ninja 150, Yamaha RZR hingga salah satu motor legendaris yaitu Yamaha TZM. Ini membuktikan jika Kang Ikin memang bukan orang sembarangan, Gilmoters.

Bengkel Spesialis Motor 2-Tak D’Kins Speed

“Yang datang biasanya untuk servis dan turun mesin. Tapi ngga sedikit juga yang merestorasi motornya. Ya ibaratnya bawa motor bangkai kesini juga saya terima,” lanjutnya.

Untuk soal lama pengerjaan semua tergantung situasi dan kondisi, Gilmoters. Jika merestorasi motor itu memakan waktu hingga empat bulan, sedangkan untuk perbaikan mesin memakan waktu sehari hingga satu minggu. Ongkosnya pun ngga mahal-mahal banget kok Gilmoters.

“Tergantung ketersedian spare part. Dan supaya detail-detailnya pas, saya mengerjakan semuanya sendiri. Ongkos untuk overhaul itu sekitar Rp 250 ribu, sedangkan ongkos untuk restorasi full Rp 1,5 juta,” tutup pria yang juga anggota Suzuki RGR Rider Community tersebut.

Bengkel Spesialis Motor 2-Tak D’Kins Speed bisa ditemui di Jl. MKJ 22, Rt 001/012 (belakang warung makan) Tlp. 082123325872.(okz)

4 COMMENTS