3
24404

Awas! Ini 3 Pantangan Saat Mencuci Motor

Sekilas, mencuci motor bukanlah perkerjaan yang sulit. Namun begitu, memang diperlukan persiapan dan beberapa pengetahuan dalam melakukannya. Tujuannya biar bisa dapat hasil maksimal dan tak justru menimbulkan kerusakan pada motor.

Maka itu ada baiknya kita ketahui pantangan atau hal-hal yang perlu dihindari saat mencuci motor.

Jangan mencuci motor saat mesin panas

Sebelum mulai mencuci motor, sebaiknya tunggu hingga kondisi mesin dan kenalpot dingin. Para ahli menjelaskan pantangan ini berdasarkan hukum fisika yang membuktikan bila komponen metal panas bisa rusak seaidainya mendadak terkena suhu dingin.

Walau mungkin bukan kerusakan yang parah, namun bisa berdampak pada finishing atau lapisan luar dari komponen-komponen tersebut.

Hindari menyemprot rantai dengan air bertekanan tinggi

Melihat kondisi rantai motor yang kotor dan berminyak mungkin membuat kita berpikir untuk membersihkannya dengan air bertekanan. Tapi sebaiknya hal itu tidak kita lakukan.

Alasannya karena rantai motor dilengkapi sil-sil berukuran kecil di dalamnya. Air bertekanan tinggi berpotensi mendorong kotoran menembus sil tersebut dan bersarang di bagian dalam rantai berserta airnya. Ini merupakan kondisi yang bisa menurunkan performa rantai motor.

Jangan sikat terlalu keras

Ada kalanya kotoran membandel dan tak mau hilang meski kita sudah membersihkannya dengan sabun sekalipun. Bila dihadapkan pada kondisi ini, pantang hukumnya untuk menggosok atau menyikatnya dengan lebih keras.

Alasan satu-satunya ialah cara ini justru bisa melukai bodi motor. Apabila ada noda yang sulit hilang, katakanlah oli, berarti kita tak menggunakan sabun yang tepat.

Cobalah tunggu beberapa saat dan ulangi langkah pembersihan dengan menggunakan sabun yang baik, sangat disarankan menggunakan sabun khusus cuci motor.

Itulah beberapa pantangan dalam mencuci motor yang bisa dijadikan pegangan. Mencuci motor bisa menjadi rutinitas mengasyikkan sekaligus bermanfaat bagi para bikers. Dan dengan pengetahuan-pengetahuan tambahan, akan didapat hasil yang maksimal.

3 COMMENTS