0
1839

Cara Mudah Usir Bunyi Rem Berdecit Pakai Sabun Colek

GilaMotor.com – Pernahkah Gilmoters mengalami rem motor mengeluarkan bunyi berdecit? Performa rem tetap pakem. Tapi suara yang ditimbulkan cukup mengganggu apalagi bila bunyinya terdengar jelas dan nyata. Kalau memang pernah mengalami kondisi seperti itu, tenang karena kamu nggak sendirian.

Bang Gilmot pun pernah mengalami hal tersebut yang berujung melakukan inspeksi untuk cari tahu penyebabnya. Satu hal yang bikin heran waktu itu ialah kondisi kampas rem ternyata masih tebal. Nah, berarti ada sebab lain yang bisa bikin rem bunyi berdecit.

Penyebab kampas rem bunyi berdecit

Punya usut cari informasi ke sana kemari, tanyata memang ada sejumlah hal yang bisa menyebabkan rem berbunyi, antara lain kotor. Bila kotoran yang menempel hanya sebatas debu atau tanah mungkin nggak begitu merepotkan. Karena kotoran tersebut bakal hilang dengan sendirinya tersapu ketika rem dioperasikan.

Yang repot kalau kotorannya berupa oli atau apapun yang sifatnya kayak minyak. Setelah dicari tahu, rupanya ada kemungkinan sisa-sisa oli atau minyak yang menempel di kampas rem itulah yang bikin rem motor Bang Gilmot suka mengeluarkan bunyi berdecit. Kaya ada tikus di dalamnya.

Sejujurnya Bang Gilmot nggak paham betul mengapa ada sisa-sisa oli yang menempel di kampas. Hal itu bukan dilakukan dengan sengaja, seperti yang Bang Gilmot tahu bahwa ada segelintir pemilik motor yang meyakini mengoles kampas rem dengan oli atau sejenis bisa bikin rem tambah pakem.

Padahal, kenyataannya justru berbahaya dan bisa bikin rem gosong. Jadi untuk yang satu ini nggak perlu ditiru ya, Gilmoters.

Membersihkan kampas rem bermodal sabun colek

Setelah ketahuan penyakitnya, tanpa pikir panjang Bang Gilmot langsung membersihkan kampas rem tersebut. Saran yang Bang Gilmot dapat adalah mencucinya dengan sabun colek atau alkohol.

Waktu itu Bang Gilmot coba mencucianya dengan sabun colek. Reaksi yang dimilikinya bisa dibilang sangat ampuh untuk melunturkan kotoran-kotoran, plus yang sifatnya semacam oli atau minyak.

Setelah dicuci dengan ditambah menyikatnya menggunakan sikat gigi, kampas rem didiamkan beberapa saat biar kering lalu dipasang lagi. Ternyata benar saja, Gilmoters. Bunyi berdecit yang sebelumnya selalu muncul saat mengerem jadi hilang.

Pelajaran yang Bang Gilmot dapat ialah, saat rem motor mengeluarkan bunyi nggak enak, belum tentu habis. Tapi bisa jadi hanya kotor.