Foto: indianautosblog.com
1
597

Resmi Meluncur di India, Motor Jawa “Pede” dengan Gaya Klasik

GilaMotor.com – Pengadopsian gaya desain klasik pada motor baru makin banyak nih, Gilmoters. Tak terkecuali oleh brand yang sudah memiliki nama besar. Setelah kemarin kita melihat Norton Atlas yang hadir bergaya scrambler lawas, kini ada lagi motor Jawa yang menggunakan formula serupa.

(Baca juga: Atlas Nomad dan Ranger, Motor Scrambler Terbaru dari Norton)

Belum lama ini brand motor Jawa diberitakan telah memperkenalkan tiga model baru, meliput Jawa, Jawa Forty Two, dan Jawa Perak. Kedua model yang disebut lebih dulu sudah resmi dijual, sementara itu Perak baru akan benar-benar dilepas ke pasar pada kuartal pertama 2019.

Kalau melihat ketiga model yang dikedepankan, semuanya mengadopsi gaya motor klasik. Meski terdapat juga sentuhan modernnya, seperti display digital atau rem ABS di depan. Meski demikian, kesan klasik motor ini tetap terasa kental yang tercermin dari bentuk bodi dan komponen-komponen lainnya yang menempel, misalnya rem tromol untuk di ban belakang.

Nampak sang produsen berusaha menggabungkan antara sentuhan modern dan klasik pada deretan terbaru motor Jawa.

Khusus untuk penggunaan rem tromol di belakang, Ashish Joshi, Chief Executive Officer, Classic Legends, anak produsen Mahindra yang memasarkan motor Jawa mengatakan, “Penggunaan rem tromol bukan berarti menurunkan performa. Saya bisa sebut banyak motor lainnya yang juga masih menggunakan cakram di depan dan tromol di belakang. Dan itu bekerja dengan baik.”

Dirinya juga menegaskan, bila dilihat dari dekat maka akan terlihat tromol tersebut merupakan produk berkualitas. Alasan lainnya untuk menggunakan rem tromol di belakang ialah mempertahankan karakter otentik dari motor Jawa, Gilmoters.

“Kenyataannya sekarang tromol menggunakan mekanisme yang lebih kompleks dalam menghadirkan braking force. Cakram memang pilihan yang lebih mudah, tapi kami menginginkan keotentikan,” sambungnya dikutip dari Indianautosblog.com

1 COMMENT