0
2242

Tips Irit Bensin, Selalu Perhatikan Tekanan Angin Ban

GilaMotor.com – Mungkin sekilas Gilmoters nggak melihat hubungan langsung antara ban yang kempis dengan bensin boros. Wajar, mengingat secara teknis ban tidak terhubungan dengan mesin. Namun begitu kenyataannya tekanan angin ban yang nggak ideal memang memengaruhi konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Hal ini juga ditegaskan oleh informasi yang Bang Gilmot dapat dari website Planet Ban, distributor ban yang namanya sudah dikenal luas. Dalam salah satu artikel di website tersebut tertulis bahwa bensin motor boros salah satu sebabnya bisa jadi tekanan angin ban yang kurang alias ban kempes.

 

Kurangnya tekanan angin membuat putaran roda menjadi berat dan laju motor jadi lebih lambat. Atau yang bahasa teknisnya sering disebut rolling resistance (hambatan gulir) pada roda. Dengan adanya hambatan gulir tersebut maka mesin motor harus bekerja ekstra agar bisa mencapai kecepatan yang diinginkan.

Pastikan tekanan angin ban ideal untuk efisiensi terbaik

Maka untuk memastikan motor kamu punya konsumsi bahan bakar yang ideal ialah dengan selalu menjaga tekanan angin bannya. Lagi pula, ban kondisi ban yang kempis juga bisa mendatangnya risiko-risiko lain yang lebih besar. Misalnya pengendaraan yang nggak stabil sehingga bikin riding berbahaya. Hingga pelek mengalami “luka” ketika menghantam lubang di jalan.

Panduan tekanan angin ban motor yang ideal bisa kamu lihat pada buku manual pemilik kendaraan. Namun sebagai alternatif lain bisa pakai patokan sebagai berikut. Motor matic atau bebek bisa menggunakan tekanan antara 28 – 30 psi untuk ban depan. Sedangkan ban belakangnya 33 – 34 psi. Bila Gilmoters sering menggunakan motor untuk berboncengan maka ban belakang bisa menggunakan tekanan antara 35 -36 psi.

Lalu untuk motor jenis sport biasanya menggunakan tekanan ban depan 30 psi dan belakng 34 psi.

Informasi ini semoga bisa menjawab ketika kita bertanya-tanya mengapa motor terasa lebih boros dari biasanya. Meski bedanya nggak terlalu besar, namun tetap saja suka bikin penasaran. Salah satu penyebab motor boros bensin ialah tekanan angin ban yang nggak ideal.

Bila memang kondisi ban motor kita seperti itu, langsung aja meluncur ke bengkel ban langganan untuk tambah angin.