0
266

#10YearsChallenge, Satu Dekade Evolusi Motor yang Banyak Beredar di Indonesia

GilaMotor.com – Di media sosial terutama Instagram lagi ngetren #10YearsChallenge. Dalam tantangan iseng-iseng ini banyak pengguna Instagram yang mengunggah foto dirinya yang diprotret sepuluh tahun lalu, kemudian disandingkan dalam bentuk kolase dengan wajahnya saat ini. Gilmoters ikut upload juga?

Dalam tantangan ini kita bisa melihat evolusi perubahan seseorang sejak sepuluh tahun lalu hingga sekarang. Dari situ Bang Gilmot jadi kepikiran kalau ada menariknya juga kita melihat perubahan model sepeda motor setelah sepuluh tahun berselang. Kayak apa perubahannya? Yuk, kita lihat bareng-bareng #10YearsChallenge beberapa jenis sepeda motor yang populer di Tanah Air.

Yamaha Mio Series

Yamaha Mio bisa dibilang sebagai pioner skuter matic di Indonesia, Gilmoters. Kali pertama diluncurkan pada 2003, hingga kini Yamaha Mio Series masih mengaspal. Pastinya dengan mendapat banyak pembaruan pada fitur dan spesifikasinya. Dari yang sebelumnya menggunakan karburator, sekarang sudah menggunakan injeksi. Dari yang sebelumnya hanya satu varian, kini ada banyak pilihan dalam Mio Series, mulai dari Mio S, Mio M3, dan Mio Z.

Honda Supra

Siapa yang nggak kenal Honda Supra? Motor ini menjadi tulang punggung Astra Honda Motor untuk jenis sepeda motor cub atau bebek di Indonesia. Mulai dijual sejak awal tahun 2002, Honda Supra mendapat penerimaan yang positif dari konsumen karena beberapa alasan, antara lain andal dan hemat bahan bakar. Setelah sepuluh tahun berselang, kalau dilihat sekilas Honda Supra nggak mengalami banyak perubahan pada tampilannya, Gilmoters.

Honda Vario Series

Motor matic lain yang bisa kita lihat evolusinya sejak sepuluh tahun lalu adalah Honda Vario, Gilmoters. Generasi pertamanya mulai mengaspal pada 2006 hingga 2013. Awalnya menggunakan mesin 110 cc, kemudian menjadi 125 cc. Perubahan bodinya bisa dilihat seperti gambar di atas. Meski selain itu Astra Honda Motor juga menambah variannya dengan mesin 150 cc sekarang.

Kawasaki Ninja 250

Kiprah Kawasaki Ninja 150cc bermesin 2-tak di Indonesia membuat nama Ninja begitu kuat di kalangan penggemar roda dua. Hal ini mendorong Kawasaki untuk membuka segmen baru pada 2008, yaitu motor sport 250cc bermesin dua silinder dengan nama yang sama, Ninja. Sejak momen tersebut hingga kini Kawasaki Ninja 250 2-silinder berhasil menyedot perhatian penggemar motor sport Tanah Air. Desain motor sport berfairing tetap dipertahankan, meski terjadi perubahan pada detail-detail di bodinya. Selain itu, perubahan paling signifikan juga ada pada sistem suplai bahan bakarnya. Di mana sebelumnya menggunakan karburator, kini sudah menggunakan sistem injeksi.

Yamaha Vixion

Tahun 2009 hanya berselang dua tahun dari momen pertama kalinya Yamaha Vixion diluncurkan ke tengah-tengah konsumen. Sejujurnya, Bang Gilmot jatuh hati pada Yamaha Vixion generasi pertama ini. Pada masa peluncurannya, motor ini dilengkapi fitur yang kekinian, antara lain sistem injeksi dan radiator. Desain bodinya pun terlihat simpel, namun masih mencerminkan kesan sporti. Tapi yang bikin Bang Gilmot benar-benar jatuh hati adalah bentuk lampunya yang bulat. Sayangnya, lampu bulat tersebut berubah pada Vixion generasi kedua (2010-2012). Dan akhirnya desain bodi Yamaha Vixion benar-benar berubah pada generasi ketiga (2012).