0
468

Pembelaan Rekan Satu Tim, Jorge Lorenzo Ajukan Permintaan Maaf Pada MotoGP Catalunya

Gilamotor.com – Insiden lap ke dua balap MotoGP Catalunya 2019 tentunya menjadi perhatian pecinta MotoGP, ketimbang pemenang race saat ini yang dimenangi oleh Marc Marquez. Insiden ini membuat Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo gagal finis.

Sama sama kita ketahui kejadian ini bermula pada lap ke dua ketika Jorge Lorenzo coba menyalip Vinales namun kehilangan keseimbangan, dan terjatuh serta menabrak motor Anrea Dovizioso dan motor Vinales. Begitu juga Rossi yang ikut terjatuh karena motor Lorenzo menghalangi jalur Rossi sehingga sulit menghindar.

(Baca juga: Pirelli Kembali Unjuk Ketangguhan di Balap Kejurnas)

Insiden ini tentunya merugikan para pembalap pasalnya mereka tengah bersaing di puncak klasmen, seperti halnya Dovizioso yang menjadi pesaing ketat Marc Marquez. Dan kini point keduanya terlampau jauh yaitu Marc Marquez 140 sementara Andrea Dovizioso 103.

Melihat hal itu Lorenzo meminta maaf kepada kepada pembalap yang terlibat. “Saya hanya berusaha untuk memperbaiki posisi saya. Saya meminta maaf karena kesalahan saya membuat pembalap lain tak bisa menyelesaikan balapan. Saya tak bermaksud untuk melakukan hal tersebut. Saya benar-benar meminta maaf kepada Valentino Rossi, Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso,“ ungkap Lorenzo.

Rekan satu tim Lorenzo dari tim Repsol Honda, Marc Marquez yang menjadi pemenang dalam seri MotoGP Catalunya 2019 menuturkan bahwa insiden itu bukanlah kesalahan Lorenzo.

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez juara MotoGP Katalunya. (AFP/Lluis Gene)

“Lorenzo berada di garis yang benar. Sayangnya, ia kehilangan kendali ban depan dan Dovi serta Vinales tidak berada di garis yang tepat, jadi motor Lorenzo mengenai motor mereka. Kesalahan di tikungan tersebut kerap terjadi. Apalagi, tanki bahan bakar kami masih berat pada saat itu. Jadi, miskalkulasi kerap terjadi. Itu bukanlah kesalahan yang disengaja,” ungkap Marquez.

Atas insiden ini Vinales yang menjadi korban kecelakaan meminta agar Lorenzo mendapat hukuman yang ia sebabkan.