0
1727

Sebelum Skutik Honda ADV 250 Diluncurkan, Ini Motor Baru Honda (1)

Gilamotor.com – Benar apa yang Bang Gilmot katakan mengenai skutik bongsor dari Honda, untuk mengisi lawan dari kompetitor di jajaran skutik bongsor 150 cc PT Astra Honda Motor bisa dengan mudah menempatkan line up produknya. Dan kini Honda ADV 150 menjadi motor baru di jajaran skutik premium Honda, namun bagaimana dengan Honda ADV 250?

Sebelum skutik Honda ADV 250 yuk kita lebih dulu mengenal motor baru Honda ADV 150 Gilmoters. Basis dari Honda ADV 150 adalah Honda PCX 150, bahkan bisa dibilang basis mesin PCX 150 adalah Honda Vario 150 eSP. Tentunya cara ini harus dilakukan PT AHM guna mendapatkan harga jual yang tepat diantara skutik bongsor 150 cc.

(Baca juga: Dealer Honda Mulai Pasarkan Motor Honda Monkey)

Perubahan yang diberikan tentunya untuk menyesuaikan karakter dari masing – masing skutik Honda. Walaupun mesin dan rangka dari Honda ADV 150 menggunakan Honda PCX 150 ternyata ada beberapa perbedaan dari keduanya.

“Basis mesin sama dengan Honda PCX, ada beberapa pengaturan berbeda. Pengaturan rpm ditingkatkan pada putaran rendah dan menaneh untuk tingkatkan torsi,” ujar Kazuya Minowa, penanggung jawab Honda ADV 150 Riset and Develompment Honda Motor Co Asia Tenggara.

Perbedaan kita lihat dari rangka motor skutik Honda ADV 150, walaupun sama sama menggunakan rangka tipe double cradle ternyata untuk menempatkan body, kabel dan suspensi harus mengalami perubahan pada dudukannya Gilmoters. Terlebih untuk suspensi Honda ADV 150 lebih tinggi (460 mm – 395 mm) dari Honda PCX 150 (430 mm – 350 mm).

Secara data diatas kertas motor baru Honda ADV 150 dan PCX 150 sama sama 149 cc dengan memiliki ukuran diameter x langkah yaitu 57,3 x 57,9 mm dengan nilai kompresi 10,6:1. Tetapi kedua motor ini memiliki tenaga yang berbeda, dapat dikatakan torsi motor skutik Honda ADV 150 lebih besar dengan perubahan pada bagian injektor.

Dan dibagian knalpot juga berbeda Gilmoters, desainnya dibuat untuk mendapatkan tarikan bawah dan menengah yang cukup menggiurkan. Pelek dan Ban dari motor ini juga berbeda loh Gilmoters bahkan pelek Honda ADV yang berbeda ukuran depan dan belakang tentunya untuk mendapatkan kenyamanan saat berkendara, terlebih secara penampilan dengan label skutik adventur.

Lanjut ke seri 2