Ilustrasi rem motor
0
1202

Kebiasaan Pengendara Bisa Membuat BBM Boros dan Rem Rusak

Gilamotor.com – Percaya ngga kalo kebiasaan salah dalam berkendara bisa membuat BBM boros dan rem rusak Gilmoters? terlihat sepele namun dijalan raya Bang Gilmot masih sering melihatnya, jadi geregetan kan.

Bang Gilmot mau membahas satu – satu yah, kita mulai dari BBM boros. Hal ini tentunya sangat dihindari pengendara motor terlebih kalo sudah masuk tanggal tua. Motor bisa menjadi lebih irit dengan meninggalkan kebiasaan salah pengendara yaitu meletakan jari pada tuas rem saat motor melaju.

(Baca juga: Tips Aman Hindari Geng Motor Menurut Pakar)

Beberapa instruktur safety riding menyarankan saat berkendara jari tangan terletak pada handgrip, tentunya untuk mengontrol handling dan laju motor. Kebiasaan yang timbul justru membuat rem cakram depan bergesekan dengan piringan cakram, sehingga laju motor tidak maksimal atau tertahan oleh kampas rem.

Oleh sebab itu kebiasaan tersebut tentunya membuat motor malah menjadi boros BBM bahkan kebiasaan serupa bisa membuat rem rusak loh Gilmoters. Tidak percaya? hal ini Bang Gilmot dapat dari General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Wedijanto Widarso.

“Yang bikin rem blong itu panas. Karena, kampas bergesekan terus dengan cakram. Saat terus bergesekan, maka efeknya ke minyak rem,” ujarnya, seperti yang dilansir dari Viva otomotif.

Panas menjadi salah satu penyebab rem blong atau bisa dibilang rem rusak. Walaupun Dot 4 memiliki titik didih di suhu 155 derajat celcius maka minyak akan berubah jadi gelembung, sehingga tekanan pada kampas berkurang.

“Banyak kan yang naik motor, tangan atau kakinya menempel di tuas rem. Akibatnya, rem terus bekerja, jadi panas,” tuturnya.

Nah sekarang sudah jelas dong salah satu kebiasaan yang membuat BBM boros dan rem rusak, mulai saat ini Gilmoters harus meninggalkan kebiasaan tersebut untuk berkendara lebih aman dan irit tentunya.