0
481

Cara Mudah Irit BBM Pada Motor Karburator Dan Motor Injeksi

Gilamotor.com – Coba Bang Gilmot tanya nih, Gilmoters lebih memilih motor irit BBM atau motor kencang? Saat ini kecanggihan teknologi dan inovasi para mekanik bisa membuat kalian mendapatkan dua – duanya Gilmoters.

Dulu mungkin motor kencang identik dengan boros BBM, namun saat ini tidak Gilmoters. Kecanggihan teknologi membuat motor injeksi semakin minim mendapat sentuhan agar motor irit BBM dan motor kencang.

(Baca juga: Mau Dapat Helm Premium Berkualitas, Deride Punya Tips Nya Gilmoters)

Bang Gilmot coba akan jelaskan satu persatu cara irit BBM dan motor bisa tetap kencang. Kita mulai dari motor sistem karburator, fungsi utama karburator jadi tempat pencampuran antara bensin dan udara sebelum masuk ke ruang bakar.

Rahmadi Setiawan punggawa dari bengkel Kandang Macan di wilayah Cipadu, Tangerang mengatakan bahwa kunci utama agar irit BBM ada pada setingan karburator, namun efeknya motor jadi tidak lari oleh sebab itu harus diimbangi dengan stel klep.

Sementara itu Heri mekanik sekaligus pemilik bengkel Sobo Motor, Petukangan sependapat dengan Rahmadi atau biasa disapa Aki. “Motor masih sistem karbu cukup dengan stel karbu agar BBM dan udara yang masuk ke pembakaran tidak boros, dengan diimbangi stel klep supaya motor bisa tetap kencang,” kata Heri.

Itu kalo motor dengan sistem karburator Gilmoters. Berbeda dengan sistem injeksi yang mana ECU memiliki peran penting dalam mengontrol riding mode, bukaan bensin dan banyak lagi.

Agar kantong tidak terkuras tetapi ingin mendapatkan motor irit BBM dan motor tetap kencang Gilmoters hanya disarankan menggunakan perangkat kecil yang disebut Koyo Merah atau lebih dikenal AdPower, pasalnya perangkat ini menawarkan beberapa keunggulan seperti BBM irit, motor semakin responsif dan bertenaga ditambah motor semakin ramah lingkungan.

“Motor injeksi sih lebih baik menggunakan tempelan magnet dari pada stel klep, karena kalo sampai salah ukuran motor malah sulit dinyalakan. Agar lebih irit baik motor karbu dan motor injeksi yaitu  cara berkendaranya, kalau main betot gas aja motor tetap boros. Yang bener itu diurut supaya muncratan bensin yang keluar dikit – dikit,” pungkas Heri.

Heri mengaku pernah menggunakan Koyo Merah pada motor karbu namun efeknya kurang terasa, oleh sebab itu Gilmoters sampai saat ini guna memuaskan keinginan konsumen untuk motor irit BBM dan motor kencang pada sistem karbu Heri melakukan setingan seperti yang sudah dijelaskan, sementara pada motor injeksi Heri menyarankan hal tersebut.

Photo: Gilamotor.com/Ary