0
5362

Apa Untungnya Ngerem Menggunakan 4 Jari?

Gilamotor.com – Banyak dari Gilmoters yang menggunakan motor tetapi masih salah dalam menggunakannya. Hal yang sering salah adalah posisi jari saat melakukan pengereman.

“Tanpa disadari, kesalahan-kesalahan tersebut dapat memicu ketidaknyamanan dalam berkendara bahkan keadaan paling buruknya adalah dapat menyebabkan kecelakaan,” buka Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

(Baca juga: Perawatan Dan Tool Kit Yang Wajib Dibawa Para Bikers)

Saat berkendara biasanya jari tangan Gilmoters sering stand by di tuas rem depan dan belakang pada motor matic, dan di tuas rem depan dan tuas kopling pada motor sport atau cub.

Hal ini tidak dibenarkan Gilmoters, pasalnya bisa berdampak pengereman yang tidak maksimal dikarenakan jika menggunakan dua jari cengkraman jari kita terhadap tuas rem menjadi lebih lemah.

“Diwajibkan untuk menggunakan empat jari dalam melakukan pengereman, dikarenakan apabila kita menggunakan 4 jari tuas rem akan tercengkram lebih baik sehingga pengereman dapat lebih maksimal,” ujar Ludhy.

Posisi jari yang salah bisa menyebabkan reflek yang salah Gilmoters, semisal motor dalam keadaan kencang dan posisi jari yang salah. Disaat pengereman pastinya tuas gas belum tertutup secara sempurna sehingga dapat mengakibatkan ban depan terkunci dan membuat jatuh pada pengendara.

Dampak buruk lainnya, penggunaan dua jari dengan posisi stand by pada saat berkendara menyebabkan rasa pegal pada otot jari dan otot pergelangan tangan. Cara ini tentunya tidak baik ketika kalian berkendara jarak jauh.

Posisi dua jari stand by memang sering ditemukan dalam ajang balap, alasannya penggunaan rem tersebut bertujuan untuk mengurangi kecepatan motor saja tanpa mengurangi akselerasi dari motor.

“Bila digunakan dalam kehidupan sehari-hari ketika sedang berkendara di jalan raya akan sangat berbahaya,” ujar Ludhy.

Penggunaan jari yang benar saat melakukan pengereman yaitu menggunakan empat jari sehingga dapat memaksimalkan proses pengereman. Selain itu penggunaan rem depan dan belakang harus digunakan untuk menjaga keseimbangan dalam melakukan pengereman.

“Cengkraman empat jari tentu akan lebih kuat di bandingkan dengan menggunakan dua jari saja,” kata Ludhy.

Ludhy juga mengatakan ketika berkendara, biasakan tangan Gilmoters untuk selalu mengepal pada handle stang kemudi, hal tersebut akan membuat menjadi lebih nyaman dalam berkendara dan memudahkan untuk mengontrol laju kendaraan.