0
1598

Mengapa Setiap Motor Dilengkapi Kaca Spion?

Gilamotor.com – Kini masih banyak dari kalian yang masih tidak menggunakan spion pada sepeda motor? coba pikirkan lagi dan baca artikel ini hingga akhir agar kalian bisa melengkapi perlengkapan pada kendaraan.

Faktanya spion memiliki fungsi penting pada kendaraan agar terhindar dari resiko kecelakaan. Setiap motor memiliki tinggi spion dengan rata – rata 75 – 80 mm dan lebar 130 – 140 mm sedangkan tinggi tangkai dari grip berkisar 10 – 13 cm.

(Baca juga: Antisipasi Baut Slek Yang Bikin Kantong Bolong)

Bahkan jenis kaca pada spion juga dirancang sedemikian rupa agar objek yang terlihat lebih jelas nampak di spion. “Tentunya kondisi yang baik pada kaca spion harus ada dari dua sisi, yaitu situasi sebelah kanan dan kiri,” ujar Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Fungsi dari kaca spion pada sepeda motor diantaranya untuk mencegah terjadinya tabrakan saat akan pindah jalur. “Dengan kita melihat spion sebelum berpindah jalur dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan dengan kendaraan lain,” ujar Ludhy.

Untuk menggunakannya Gilmoters juga harus mengatur kaca spion secara ideal agar ruang pandang pada sisi dan belakang bisa terlihat. “Tentunya penyesuaian spion harus dilakukan setelah pengemudi mendapatkan posisi berkendara yang paling tepat dan baik untuk mengemudi,” ujar Ludhy.

Selain untuk terhindar dari laka lantas spion juga bisa mencegah terhindar dari kriminalitas loh. Jadi kalian sudah paham pentingnya kaca spion pada sepeda motor Gilmoters, bagaimana sudah mau dong melengkapi kenddaraan kalian dengan kaca spion?