0
225

Isyarat Pengguna Sepeda Yang Wajib Diketahui Para Bikers

Gilamotor.com – Sepeda bukan lagi menjadi kendaraan untuk olahraga dikala weekend Gilmoters, saat ini pengguna sepeda juga turut andil meramaikan jalanan bersama dengan motor dan mobil.

walaupun dibeberapa wilayah sudah mendapatkan jalur khusus namun tetap saja masih ada laporan kecelakaan untuk pengguna sepeda. Agar tidak saling menyalahkan dan mengurangi angka kecelakaan tersebut tampaknya Gilmoters wajib tau isyarat pengguna sepeda di jalan raya.

(Baca juga: Ingat Masa Berlaku Sim Sudah Tidak Sesuai Tanggal Lahir)

Melansir dari akun instagram Dinas Perhubungan DKI Jakarta, ada 5 isyarat yag umumnya digunakan pengguna sepeda motor diantaranya

Isyarat Berbelok

Menjulurkan tangan lurus ke arah tujuan secara berulang menandakan penngguna sepeda akan berbelok ke kiri atau ke kanan.

Isyarat Berhenti

Isyarat tangan satu ini sering digunakan para pesepeda apabila menemui jalanan macet atau lampu merah. Tentunya disaat pengendara sepeda ingin berhenti isyarat ini bakal kalian lihat Gilmoters.

Isyarat Kurangi Kecepatan

Isyarat mengurangi kecepatan dengan melambaikan tangan ke atas dan bawah, menjadi tanda pengguna sepeda untuk mengurangi kecepatan.

Isyarat Adanya Lubang

Isyarat ini tentunya amat sangat membantu pengguna jalan lain, telebih lubang di jalan sangat membahakan pengguna jalan. Biasanya untuk isyarat adanya lubang di jalan pengendara sepeda menjulurkan tangan kanan atau kiri ke arah lubang.

Isyarat Memberi Jalan

Sepeda menjadi kendaraan dengan kecepatan paling rendah di jalan dibanding kan motor dan mobil, untuk memberi isyarat kepada pengendara lain pengguna sepeda sering melakukan gerakan ini agar kendaraan lain tidak menumpuk di belakang.