0
960

Cara Bugar Dalam Berkendara Motor

Gilamotor.com – Berkendara tentunya jadi aktivitas Gilmoters untuk menuju tempat satu ke tempat lainnya. Namun semua ini akan celaka jika berkendara dalam tubuh yang lelah dan kurang sehat Gilmoters.

Kesehatan saat ini tentunya menjadi yang utama oleh sebab itu sebelum berkendara untuk mendapatkan tubuh bugar Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal berbagi tips agar berkendara lebih aman.

(Baca juga: Cara Berkendara Aman Dan Sehat Dimasa Pandemi)

“Sebelum mengendarai sepeda motor kita perlu melakukan pemanasan. Fungsinya adalah untuk meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan reflek, serta sebagai langkah pencegahan dari jatuh dan kesalahan pengoprasian.” Ungkap Muhammad Ali Iqbal.

Pemanasan berfungsi meningkatkan sirkulasi darah tubuh pengendara, hal tersebut akan mendorong tercukupinya kebutuhan oksigen di otak. Dengan demikian fokus dan konsentrasi akan terjaga dan pengendara tidak mudah merasa mengantuk Gilmoters.

Melakukan pemanasan juga jangan berlebiha cukup melakukan peregangan otot anggota gerak tubuh. Sehingga pengendara tidak terlalu lelah akibat proses pemanasan ini.

Sementara saat melakukan perjalanan jauh, proses pemananasan / stretching ini dapat dilakukan kembali saat kondisi tubuh mulai lelah dan otot anggota gerak tubuh mulai terasa kaku Gilmoters.

Selain melakukan pemanasan / stretching sebelum berkendara, ada hal lain yang perlu diperhatikan agar tidak mudah lelah saat mengendarai sepeda motor, yaitu postur dan posisi saat berkendara. Upayakan pundak pengendara selalu rileks dan siku tangan sedikit menekuk agar getaran yang ditimbulkan jalan bisa tereduksi oleh fleksibilitas siku pengendara.

“Saat kita melewati jalan rusak atau jalan tidak rata, getaran tersebut akan membuat setang sepeda motor bergetar. Jika posisi tangan dan siku lurus, maka getaran tersebut akan naik ke pundak dan kemudian diteruskan langsung ke tubuh kita. Efeknya tubuh kita akan jadi lebih cepat lelah akibat getaran tersebut.” pungkas Muhammad Ali Iqbal.