Foto: Kustomfest
0
1310

Yamaha Scorpio 225, Skinny Chopper Berbayang Wanita Berambut Ular

Gilamotor.com – Yamaha Scorpio menjadi salah satu motor yang sering dijadikan basis untuk motor kustom di Indonesia, karena dimensi pada mesin dan powernya cukup bisa diandalkan Gilmoters.

Dalam dunia kustom aliran chopper cukup diminati, flasback pada medio 60 – 70’an motor beraliran skinny chopper mencapai pada masa kejayaanya. Aliran modifikasi motor dengan ciri khas rangka rigid dengan tubuh yang ramping ini memikat berbagai penggiat motor kustom di berbagai penjuru dunia, bahkan di Indonesia masih cukup diminati hingga saat ini.

(Baca juga: Kawasaki Ninja ER6n 2013, Perpaduan Gaya Motor Balap Klasik Berjantung 650cc)

Dalam ajang Kustomfest motor beraliran Skinny Chopper kerap sering kalian temui, seperti karya Sucker Garage yang membawa “Medusa” ke lantai Kustomfest 2020. Skinny Chopper terus menjadi bayang – bayang Angga Yudha dalam mewujudkan mimpinya.

Menurutnya skinny chopper wujud dari aliran motor yang angat menarik, dan indah. “Pikiran saya teracuni dengan keindahan dan kesangaran dari motor motor skinny chopper tersebut. Mulai timbulah keinginan untuk membangun sendiri chopper impian saya,” ujarnya.

Foto: Kustomfest

Mengumpulkan niat dan modal yang cukup, Angga juga terus mencari Informasi dan referensi untuk mewujudkan mimpinya alhasil konsep ini dijabarkan kepada builder yang akan menggarapnya.

Medusa, adalah makhluk mitologi dengan wujud wanita berambut ular. Dengan pesona dan karismanya yang meracuni semua mata yang memandang mengubah raga mereka menjadi batu lalu merenggut jiwanya. Dari situlah awal mula saya terpikir untuk membangun motor dengan konsep tersebut.

Foto: Kustomfest

Berodal motor berbasis Yamaha Scorpio, proses pegerjaan dimulai dari pembuata frame. Untuk mempertegas aliran skinny chopper, suspensi rigid depan dibuat secara handmade, tidak lupa juga menempatkan lampu aftermarket sebagai aksesori dan penerang jalan.

Menariknya pada bagian stang sudah tidak lagi tampak handel rem atau kopling, pasalnya Medusa kini tidak lagi memiliki rem depan, melainkan hanya rem belakang dengan sistem cakram Gilmoters. Sementara itu untuk kopling, kini ditempatkan pada footstep kiri dan gigi transmisi kini dioperassikan menggunakan tuas yang letaknya di kiri jok motor.

Foto: Kustomfest

Agar tida terlihat jomblo, Medusa juga bisa di ajak berboncengan loh Gilmoters. footstep pembonceng dibuat tidak mencolok namun tetap berfungsi. Guna mendapatkan kesan motor besar, slongsong pipa gass buang dibuat bercabang walaupun secara nyata motor ini hanya satu silinder saja.

Dan untuk pemilihan warna terpilihlah warna hijau yang dengan balutan air brush yang berada di samping kiri dan atas tangki yang menafsirkan ciri khas ular, seperti pada nama Medusa. Tak lupa api pada samping kanan yang menggambarkan sisi Bad Ass sebuah motor Chopper. Dan juga dengan analogi petir pada dudukan mesin yang melambangkan kekuatan yang dimiliki Medusa Gilmoters.

Foto: Kustomfest

Spesifikasi:

Mesin : Yamaha Scorpio 225cc
Aliran : Skinny Chopper
Rangka : Custom
Sokbreker depan : Springer Custom
Setang : Custom
Lampu depan : Aftermarket
Lampu belakang : Aftermarket
Knalpot : Custom
Seat : Custom
Sissybar : Custom
Tangki Bahan Bakar : Custom
Toolkit : Custom
Tromol Depan : Custom
Tromol Belakang : Custom
Ban Depan : Swallow Sprinter ’21/275
Ban Belakang : Swallow Classic ‘19/450
Velg Depan : Iron
Velg Belakang : Iron