0
526

3 Tipe Helm Retro Bogo Sesuai Gaya Berkendara Anda

Helm retro bogo makin menjadi hype tersendiri untuk para pengendara terutama para kawula muda. Selain memiliki fungsi sebagai pengaman kepala, helm retro bogo juga mampu menunjang gaya berkendara para pemakainya. Dengan model bentuk yang cenderung membulat memberi kesan jadul yang justru digemari oleh generasi sekarang ini, khususnya di Indonesia.

Beragam merk juga semakin banyak bersaing dengan mengedepankan aspek yang berbeda, tercatat ada beberapa merk ternama seperti Bell, Zeus, Cargloss dan lainnya. Merk tersebut juga menawarkan helm retro dalam beberapa bentuk berbeda, mulai dari shortyopen face, sampai full face.

Nah, supaya tidak kebingungan lagi saat memilih helm mana yang akan dibeli, lebih baik simak artikel ini sampai habis!

Shorty, Helm Klasik Masih Hits Sepanjang Waktu

Bila Anda adalah pengendara yang ingin lebih merasakan sensasi lebih besar, maka tipe shorty ini bisa menjadi pilihan. Helm shorty ini hanya mengcover separuh bagian kepala. Jadi saat berkendara bisa merasakan langsung sensasi jalanan dengan suara – suara yang ada. Di tanah air sendiri, helm ini dikenal dengan nama helm chips. 

Tipe ini dulu sempat ramai untuk pengguna motor bebek. Lalu sempat meramaikan khasanah para pengendara moge terutama moge klasik agar semakin menguatkan konsep klasik saat di atas aspal.

Namun patut diperhatikan, sekarang ini helm shorty sudah tidak sesuai dengan standar alias SNI. Maka dari itu diharap untuk memperhatikan waktu dan tujuan berkendara jika memang ingin sekali menggunakan helm ini. Jangan sampai keselamatan berkendara menjadi taruhan hanya karena  menggunakan helm shorty disaat yang tidak memungkinkan.

Open Face, Bisa Full Custom Suka – Suka

Dari sekian banyak helm retro bogo, maka helm inilah yang masih menjadi favorit para pengendara. Tipe open face cenderung lebih menjamin soal kenyamanan dan keamanan. Karena helm ini menutup seluruh bagian kepala kecuali bagian wajah. Dengan itu, selain aman maka kepala juga tidak gerah karena ada sirkulasi udara. Nah, helm ini juga lebih cocok untuk dipercantik dengan desain sesuai selera alias custom di toko aksesoris motor.

Namun untuk helm ini, jika menginginkan keamanan lebih bisa memasang kaca atau visor yang bisa dibongkar pasang. Atau hanya dengan menambahkan pet agar tidak silau. Jika mata ingin aman dari debu namun tetap ingin merasakan sensasi berkendara maka memakai google khusus helm retro bogo menjadi solusinya.

Full Face, Gaya Retro Yang Menunjang Keamanan

Soal keamanan, tipe full face merupakan yang paling diandalkan. Dengan menutup hampir seluruh bagian kepala maka bisa meminimalisir cedera saat terjadi benturan.

Namun untuk yang belum terbiasa dengan helm ini, mungkin akan butuh waktu untuk adaptasi. Mengingat sirkulasi udaranya tidak seperti 2 tipe sebelumnya karena cangkangnya menutup hampir seluruh bagian kepala.

Jika belum terbiasa maka akan merasakan gerah, dengan itu bisa menambahkan lubang ventilasi sebagai perputaran udara. Berbagai metode dan teknologi juga sedang dikembangkan untuk menunjang ventilasi pada tipe ini. 

Untungnya, helm retro bogo untuk tipe yang satu ini memiliki opsi bagi yang belum terbiasa. Bagian kacanya yang bisa dibongkar pasang maka visor-nya bisa diganti dengan kacamata goggle khusus helm retro bogo agar sirkulasi udara tetap terjaga