0
561

Rahasia Agar Matik Yamaha Tetap Irit Saat Touring

Touring sudah lama menjadi salah satu kegiatan favorit komunitas motor selain bakti sosial atau yang lainnya. Saat touring, tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan terlebih jika perjalanan yang ditempuh terhitung jauh dan memakan waktu hingga lebih dari 1 hari. Namun nampaknya pengeluaran tersebut bisa di press dengan berkendara irit bahan bakar.

Bagi para pengguna matik Yamaha terbaru yang suka touring, dirasa perlu mengetahui kiat – kiat bagaimana mengirit bahan bakar saat touring. Apalagi hampir semua matik Yamaha terbaru sudah memiliki teknologi pendukung yang membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dengan performa mesin tetap galak.

Agar bisa berkendara lebih hemat bahan bakar, ada beberapa hal yang menjadi perhatian pemilik baik dari kondisi motor, gaya membawa motor, hingga bagaimana pemanfaatan fitur – fitur yang sudah ada di matik Yamaha terbaru. Untuk detailnya, simak dibawah ini.

1. Bawa Barang Secukupnya
Membawa barang yang melebihi kapasitas atau overload sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Biasanya saat touring, sering terlihat pengendara yang memasang touring box di sisi kiri, kanan, dan belakang body motor dengan tujuan untuk menaruh barang, namun tidak mengindahkan seberapa mampu motor mengangkut barang bawaannya.

Mengingat dengan kondisi overload bisa membuat mesin bekerja lebih berat dan dari situ akan menguras tangki bensin lebih cepat, kondisi overload juga membahayakan berkendara karena motor bisa kehilangan keseimbangan terutama saat sedang melakukan manuver.

2. Motor Dalam Kondisi Prima
Kondisi motor yang prima menjadi faktor penting dalam menunjang keiritan bahan bakar saat touring. Sebelum touring, pastikan motor sedang dalam keadaan mumpuni. Salah satunya adalah tekanan ban yang harus dalam kondisi normal. Karena jika ban dalam keadaan kurang angin, maka otomatis tarikan motor akan semakin berat dan konsumsi bahan bakar pun semakin boros.

Tidak sampai disitu, perawatan berkala juga sama pentingnya seperti ganti oli dan membersihkan filter udara untuk menjaga performa motor untuk tetap optimal sehingga konsumsi bahan bakar bisa irit.

3. Memanfaatkan Teknologi & Fitur Motor
Produk matik Yamaha terbaru juga banyak yang telah dilengkapi dengan teknologi yang mendukung efisiensi bahan bakar. Seperti menggunakan mesin Blue Core Yamaha, fitur Stop & Start System (SSS) yang bisa bikin bensin irit saat kendaraan diam seperti saat keadaan macet, hingga hadirnya Eco Riding indicator yang tersambung pada aplikasi Y-Connect untuk memberitahu pengendara seberapa ramah lingkungan ia telah berkendara.

Untuk fitur Eco Riding Indicator yang tersambung pada aplikasi Y-Connect, fitur ini dapat digunakan dalam matik Yamaha terbaru yakni All New Aerox 155 Connected dan All New NMAX 155 Connected.

4. Gaya Berkendara Yang Baik
Selain kondisi motor harus prima, hal lain yang tak kalah penting adalah gaya berkendara. Semakin agresif gaya berkendara, dalam hal ini maksudnya adalah bukaan gas dan penggunaan rem tidak teratur, maka hal tersebut menjadi salah satu pemicu borosnya konsumsi bahan bakar.

Oleh karenanya, gaya berkendara yang lebih halus sangat diperlukan saat touring, dengan tarik gas perlahan dan kecepatan yang konstan. Lalu, dengan tidak melakukan rem mendadak kecuali saat emergency, hal ini agar suplai bensin ke ruang pembakaran menjadi lebih terukur.