0
362

Honda Eropa Mengumumkan Upgrade ke CB500F, CB500X, dan CBR500R

Kendaraan roda dua di tanah eropa lebih maju ketimbang di Indonesia. Maka dari itu segala upgrade layak untuk kita perbincangkan. Agar bisa menjadi pembelajaran bagi kita bagaimana teknologi yang sudah mereka terapkan.

Pada motor Honda CB, peminatnya memang banyak di tanah air terkhusus bagi para anak muda. Honda CB memang memberikan pengalaman berkendara khas racing yang didukung dengan performa mesin serta kenyamanan berkendara.

Nah kali ini Honda CB di benua biru tengah melakukan upgrade. Seperti apa upgrade lengkapnya simak ulasan berikut ini.

Pertama untuk CB500 yang mendapatkan barang baru berupa swingarms, roda yang lebih ringan, cakram depan ganda, dan pengaturan FI yang telah direvisi.

Sepeda motor ini sangat populer dalam motor terbaru Honda, yang mengklaim telah terjual lebih dari 106.000 unit CB dan CBR500 ini di seluruh Eropa sejak awal diperkenalkan pada tahun 2013.

Roadster CB500F juga menyumbang hampir setengah dari penjualan tersebut, CBR500R yang paling bersemangat mendapat sekitar 18% dari penjualan, dan CB500X yang cocok untuk adventure telah menyumbang 35% dari total yang ada.

Lalu warisan dari kelas menengah empat silinder yakni CB650R dan CBR650R terdapat komponen garpu baru berukuran 41mm SFF-BP USD. Komponen tersebut menjadi sorotan dari penampilan ujung depan baru.

Sekaligus memberikan penanganan dan kualitas berkendara yang lebih baik. komponen baru menjadi lebih cocok dengan adanya roda aluminium Y spoke yang lebih ringan pada CB500F dan CBR500R. Lengkap dengan cakram depan ganda 296mm baru dan kaliper Nissin yang dipasang secara radial.

CB500X yang berfokus pada adventure memberi pembaruan rem dan suspensi yang sama dengan saudara-saudaranya. Juga menampilkan perjalanan suspensi depan yang lebih panjang dan roda depan 19 inci yang lebih ringan dan lebih besar.

Swingarm baru yang lebih ringan pada jajaran ketiga motor lebih kaku secara rotasi, tetapi lebih fleksibel secara lateral untuk meningkatkan penanganan dan performa saat menikung. 

Mesin 500cc bertenaga di jantung setiap mesin masih menghasilkan 35kW maksimum yang diizinkan sebagai lisensi A2. Tetapi untuk tahun 2022 mendatang fitur pengaturan PGM-FI baru untuk lebih meningkatkan rasa torsi dan karakter keseluruhan.

Untuk tahun 2022, CB500F telanjang akan tersedia dalam tiga opsi warna di Benua Eropa. Yakni ada Pearl Smoky Grey, Mat Axis Grey Metallic,  dan  Pearl Dusk Yellow.

Sedangkan CBR500R akan hadir untuk warna Mat Gunpowder Black Metallic  dengan grafis baru yang sesuai dengan warisan trek balapnya. Sedangkan untuk motor adventure CB500X hadir dalam  Mat Gunpowder Black Metallic  dan  Pearl Organic Green .

Ketiga motor terbaru Honda tersebut juga akan tersedia di Grand Prix Red klasik Honda.

Honda juga memiliki sampel yang menandai daya tarik ketiga motor terbaru Honda tersebut di berbagai demografi pengendara. 

Angka menunjukkan bahwa 45% dari CB500F dan 37% dari CBR500R adalah pengendara baru. Dengan masing-masing 45% dan 60% di bawah usia 34 tahun. Data tersebut menggambarkan betapa berperannya mereka dalam membawa pengendara muda baru ke dunia roda dua.

Sebaliknya, lebih dari 75% pemilik CB500X adalah pengendara berpengalaman. Dengan 15% tertarik kembali ke sepeda motor dilatarbelakangi oleh daya tarik yang ditawarkan oleh motor. Terutama dengan gayanya yang kokoh, suspensi perjalanan yang panjang, dan posisi berkendara yang nyaman.