Foto: Unsplash
0
470

Peran Komunitas Pada Masa Pandemi

Pada masa pandemi, hampir semua kegiatan komunitas motor terhenti. Mau tidak mau, para Bikers harus menunda sementara beberapa agenda kegiatannya.

Pun demikian bukan berarti komunitas tidak bisa melakukan kegiatan sosialnya.  Peran komunitas pada masa pandemi cukup positif, mereka bisa saling bantu dengan sesamanya.

Sebagai contoh adalah kegiatan sosial yang dilakukan oleh komunitas motor yang ada di Kota Tangerang Selatan. Melalui Forum Bikers Tangerang Selatan (FORBITAS) para Bikers tersebut bahu membahu saling bantu dengan sesamanya.

Reza Agis selaku Founder FORBITAS mengungkapkan, sejak awal diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) para Bikers di Tangerang Selatan telah melakukan penggalangan donasi kemanusiaan.

“Kami melakukan sebuah gerakan kemanusiaan yang kami beri tema Melawan Wabah dengan Sedekah’. Kami mengajak para dermawan baik dari lingkungan sesama bikers maupun masyarakat umum untuk menyisihkan sebagian rezekinya,” ungkap Reza.

Dengan konsep ‘Belanja Pahala’ Reza beserta rekan-rekannya di kepengurusan FORBITAS mengajak Bikers dan masyarakat mampu, untuk membeli paket sembako seharga Rp 100.000 per paket. Paket sembako yang dibeli bukan untuk si pembelinya melainkan diberikan bagi mereka yang perekonomian-nya terdampak Pandemi.

“Melalui Belanja Pahala ini kami ingin meringankan beban mereka yang terdampak perekonomiannya akibat terbatasnya aktivitas di luar rumah karena diberlakukannya PSBB saat itu,” ungkap Dede Mansyur, Sekjen FORBITAS.

Pada awal melakukan kegiatan ini, FORBITAS bisa menyalurkan 30 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Pandemi. Masyarakat tersebut merupakan kalangan pedagang kecil, pegawai dengan bayaran harian yang dirumahkan dan masyarakat dhuafa lainnya.

Kegiatan sosial pertama yang dilakukan FORBITAS mendapatkan respon positif dari para donatur, salah satunya datang dari Forum Wartawan Otomotif (FORWOT). Disampaikan oleh Dede Mansyur, bahwa saat itu FORWOT menitipkan donasi kepada FORBITAS untuk dijadikan paket sembako dan membantu menyalurkannya bagi warga yang terdampak Pandemi.

“Kami segera bergerak cepat, amanah yang kami terima langsung kami laksanakan dan Alhamdulillah banyak warga yang kembali terbantu dengan adanya kegiatan sosial kami,” ucap Dede.

Tak puas sampai di situ, FORBITAS terus melakukan kegiatan sosial serupa hingga pada saat Ramadhan 2020 lalu wadah Bikers di Kota Tangerang Selatan ini juga bisa membantu para anak yatim-piatu dari keluarga tidak mampu di kota Tangerang Selatan untuk bisa berbahagia di hari raya Idul Fitri.

Peran serta komunitas pada masa pandemi cukup positif, FORBITAS juga turut serta membantu masyarakat yang terpapar Covid-19 dan menjalankan isolasi mandiri di rumah.

“Kami juga mencoba meringankan beban mereka yang harus menjalani isolasi mandiri di rumah karena terpapar virus Covid-19. Lewat berbagai aksi kami ini, kami juga berharap masyarakat tidak lagi menilai negatif komunitas motor,” tegas Dede.

Kegiatan sosial yang dilakukan oleh FORBITAS ini merupakan bukti nyata, bahwa komunitas motor bukan perkumpulan yang tidak bermanfaat. Tentunya banyak aksi-aksi sosial  dan kegiatan positif lain dari komunitas motor yang ada di Indonesia.

“Kami berharap, kegiatan sosial yang telah kami laksanakan bisa jadi acuan dan contoh positif bagi komunitas motor lainnya di seluruh Indonesia. Semoga apa yang bisa kami lakukan ini, bermanfaat bagi masyarakat dan kami juga selalu mengajak siapapun untuk bisa saling berbagi. Karena, sebaik-baiknya umat manusia yang ada di muka bumi ini adalah manusia yang bermanfaat untuk sesamanya,” pungkas Reza.