Sumber foto : id.motorsport.com
0
172

KTM Asapi Yamaha di Etape 5 Dakar 2022

Monster Energy Yamaha Rally Team menurunkan tiga pembalap andalan mereka di ajang Reli Dakar 2022. Ketiganya yaitu Adrien Van Beveren, Ross Branch dan Andrew Short yang saat itu begitu merasa percaya diri untuk mendapatkan hasil terbaik di ajang Reli Dakar 2022.

Namun hingga ke Etape ke 5, tim Yamaha yang awalnya sempat berada di posisi terdepan kini disalip oleh pembalap dari KTM yaitu Toby Price. Juara Reli Dakar sebanyak dua kali tersebut menduduki posisi tertinggi setelah melakoni hari yang berat pada etape terpanjang Reli Dakar 2022.

Foto: cyclenews

Toby Price memimpin lebih cepat 4 menit 14 detik dari rekan satu brandnya yang tengah membela Tech3 KTM Factory Racing yaitu Danilo Petrucci. Kedua pembalap tersebut sama sama membesut KTM 450 Rally Factory Replica.

Namun nahas, Toby Price mendapatkan penalty 6 menit karena ASO memergoki Price melebihi kecepatan dimana ada sebuah area yang seharusnya para pembalap melambat. Dengan itu ia jadi 2 menit lebih lambat dari Petrucci.

Penalty tersebut diberikan kepada price sebelah ASO selaku promotor lomba mengumumkan harus menghentikan balapan dengan alasan keselamatan balap di kilometer 259. Pasalnya ASO kekurangan helikopter yang bertugas untuk mengawasi jalannya lomba. Hal tersebut tidak lepas dari adanya badai pasir yang tiba tiba melanda area lomba.

Nah penambahan yang didapatkan oleh Price cukup membuat berberat hati. Hal tersebut disebabkan lantaran Toby Price yang harusnya bisa finish di posisi yang tinggi, tetapi ia harus puas tercatat finis di posisi ke lima lantaran ia mendapatkan penalty 6 menit.

Namun turunnya posisi finish dari Price sedikit menguntungkan untuk Petrucci. Pasalnya pemenang dua kali MotoGP tersebut berhasil finish di posisi pertama dan berhasil mencatatkan sejarah dengan menjadi mantan pembalap MotoGP pertama yang berhasil memenangi sebuah etape di Reli Dakar dalam lima kali percobaan.

Meski demikian, salah satu pembalap dari tim Monster Energy Yamaha Rally Team yaitu Ross Branch naik ke posisi kedua. Di posisi ketiga dan keempat ditempati oleh dua pembalap dari tim Monster Energy Honda yaitu Jose Ignacio Cornejo Florimo dan Ricky Brabec.

Meski demikian, pemimpin klasemen umum kategori motor tidak berubah. Sam Sunderland (GasGas Factory Racing) masih berada di puncak meskipun hanya finis di P12 pada Etape 5.