0
275

Mengenal Modul Praktik Safety Riding

Gilamotor.com – Gilmoters, ada yang pernah ikut pelatihan safety riding? Untuk kalian yang pernah ikut pelatihan safety riding pasti familiar dengan beberapa modul pelatihan praktikal seperti angka 8 atau figure 8, zig-zag atau slalom, papan keseimbangan atau narrow plank dan masih banyak lagi. Sebagian dari kalian mungkin bertanya-tanya modul-modul seperti itu untuk apa sih? Memang di jalan ada kondisi seperti itu?

Dari pada bingung mending kita tanya langsung sama pakarnya. Kebetulan bang Gilmot sedang di daerah Pamulang, Tangerang Selatan, bertemu dengan Baskoro Mauludin. Beliau adalah seorang Instruktur safety riding yang pernah kurang lebih 5 tahun berbagi ilmu dengan para driver ojek online yang pastinya familiar dengan berbagai modul pelatihan.

Fungsi dari setiap modul pelatihan itu apa sih?

“Setiap modul praktikal dirancang sesuai dengan kebutuhan sebagai sarana untuk meningkatkan skill dan pengalaman berkendara”, jawabnya. 

Ternyata gak sembarangan sob, modul-modul pelatihan yang sering kita lihat itu fungsinya untuk melatih skill dan pengalaman.

“Dibanding kendaraan bermotor lainnya, sepeda motor adalah kendaraan yang paling minim fitur safety. Secanggih apapun teknologi yang disematkan pada sebuah sepeda motor, tetap saja memiliki resiko yang paling besar. Oleh karena itu peningkatan skill berkendara sangat penting agar fatalitas bisa dikurangi ketika kita terlibat dalan sebuah kecelakaan”, tambah nya

Baskoro pun menambahkan bahwa ternyata motor itu tidak pernah stabil, karena motor umumnya hanya memiliki dua roda. Sepeda motor hanya bisa diseimbangkan dan itupun hanya sementara. Supaya tetap seimbang ada tiga elemen yang harus diperhatikan sob supaya keseimbangan tetap terjaga sehingga motor tidak mudah jatuh ketika dikendarai.

“Sepeda motor adalah kendaraan yang tidak pernah mengenal kata stabil karena hanya memiliki dua roda (kecuali sespan dan trike). Sepeda motor hanya bisa diseimbangkan itupun sifatnya sementara. Ada tiga elemen penting agar sepeda motor dapat seimbang yaitu memiliki kecepatan, berada dalam sebuah lintasan, dan juga dipengaruhi oleh distribusi bobot. Nah modul-modul tersebut digunakan untuk melatih agar pengemudi bisa menyeimbangkan kendaraan pada segala kondisi”.

Lanjut nih ke inti topik, yaitu mengenal modul-modul yeng umum digunakan. Sebenarnya modul yang digunakan sangat banyak tapi biasanya ada 3 yang sering digunakan, yaitu Figure 8 atau angka delapan, Slalom atau zig-zag, dan Nerrow Plank atau papan keseimbangan.

“Modulnya banyak dan bervariasi, semua disesuaikan dengan kebutuhan. Tapi yang sangat umum digunakan ada tiga modul. Figure 8 atau angka delapan, Slalom atau zig-zag, dan Narrow Plank atau papan keseimbangan.”

 

1. Angka 8 atau Figure 8

Ilustrasi Figure 8. Foto: YouTube.com/DDFM

Kalo gilmoters pernah ujian praktek SIM, pasti kenal dong dengan modul ini. Modul yang seperti kita menulis angka 8 ini ternyata digunakan untuk melatih teknik menikung sob. Besar kecilnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan latihan. Mau tikungan sempit atau lebar, kecepatan juga bisa diatur mau cepat atau lambat dan juga disesuaikan dengan radius putar kendaraan. Kenapa harus angka 8, alasannya supaya  imbang latihan belok ke kiri dan ke kanan.

“Modul ini didesain untuk melatih kemampuan menikung atau berbelok di berbagai kondisi tikungan dan kecepatan. Desainnya sendiri membentuk angka 8 dengan tujuan agar pengendara bisa berlatih menikung atau berbelok ke kedua arah yaitu ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Besarnya modul ini sangat fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan dan dimensi kendaraan yang digunakan karena setiap sepeda motor mempunyai radius putar yang berbeda-beda”, Jelas Baskoro yang hobinya nyeruput teh manis dingin dalam kemasan. 

2. Slalom atau Zigzag

Ilustrasi Safety Riding Slalom & Figure. Foto: Internet

Gilmoters mungkin berfikir bahwa modul ini hanya berguna untuk selap-selip di kemacetan atau untuk menghindari razia polisi. Faktanya modul ini punya banyak variasi tergantung kebutuhan. Kebanyakan teknik zig-zag atau slalom ini diperlukan untuk mengasah skill bermanuver pada lintasan sempit (nerrow maneuvering), selain untuk melatih respon bermanuver, modul ini juga bisa digunakan untuk latihan head check atau shoulder check.

“Slalom atau zig-zag, modul ini punya banyak variasi, bisa digunakan untuk melatih ketangkasan berkendara, bisa juga untuk latihan berkendara dilintasan sempit, dan juga bisa untuk melatih head check atau shoulder check”. 

3. Papan Keseimbangan atau Narrow Plank

Foto: Astramotor.co.id

Modul yang menurut kebanyakan orang tidak ada gunanya ini ternyata sangat penting untuk melatih keseimbangan. Untuk apa coba? Untuk berkendara di pematang sawah atau untuk jalan di rel kereta? Eit.. bukan itu sob, sesuai dengan namanya, tujuan dari papan keseimbangan adalah untuk melatih keseimbangan terutama ketika kita berkendara pada kondisi kecepatan rendah dengan cara mengatur distribusi bobot baik tubuh kita ataupun kendaraan yang kita gunakan. Latihan ini sangat penting agar ketika berkendara keseimbangan kendaraan akan terjaga dengan baik. 

“Sepeda motor kan rodanya hanya dua, dan kondisi ini membuat sepeda motor tidak akan pernah stabil. Sepeda motor hanya bisa diseimbangkan dan itu sifatnya sementara. Modul papan keseimbangan ini berguna untuk melatih keseimbangan kendaraan terutama pada kecepatan rendah”, jelasnya

“Semakin lambat maka keseimbangan sepeda motor akan semakin sulit dibanding pada kecepatan tinggi, dan ini berbahaya kalo tidak dilatih dengan benar”, Tambahnya 

Wah ternyata setiap modul itu gak sembarangan ya sob, banyak fungsinya. Bagaimana neh sob tertarik untuk nyoba?